Mengapresiasi Tiap Momen Kehidupan

Posted on September 14th, 2018

“Rejoice with your family in the beautiful land of life!” (Albert Einstein)

SELALU ADA ALASAN untuk berbuat baik, untuk menghibur orang, untuk memberikan perhatian, mengapresiasi, dan mensyukuri, tidak peduli mereka itu anggota keluarga, anggota tim kerja atau anggota komunitas di masyarakat. Bila semua ini dilakukan dengan penuh kesadaran dan penuh keikhlasan, maka akan diperoleh energi positif yang bisa menyebar ke sekitar kita, menginspirasi orang lain  untuk juga melakukan kebaikan.

Sebuah Kisah Kejutan

Perjalanan baru hari pertama, dan kami baru tiba di Singapore, saat di lounge saya  membaca postingan FB Elfi sebagai berikut:

Saya pun menanggapinya dengan:

“We can only make other people smile when we smile. Keep doing it. Love it so much”

Elfi pun menjawab:

“Hebatnya adalah meskipun semua sama2 punya kekhawatiran tapi mereka  ‘memilih’ memberikan penghiburan utk meringankan beban orang lain.”

Ini menjadi menarik untuk saya angkat karena perjalanan kami kali ini adalah merupakan perjalanan untuk memberikan apresiasi kepada anggota keluarga kami dan mensyukuri berkat yang diperoleh.

Napak Tilas

Hari-hari menjelang wisuda, kami gunakan juga untuk mengunjungi kembali tempat seputar apartemen di Southampton UK, di mana putriku Eka tinggal selama belajar.

Dua foto kenangan di taman depan apartemen.

Bertemu Sahabat

Rencana perjalanan kami ke UK termasuk mengunjungi Cambridge.

Di kota ini kami juga jadualkan untuk bertemu seorang sahabat, sesama board member di Unilever Indonesia dan saat ini sudah menikmati masa-masa pensiunnya.

Senyum Pak Des Dempsey dan istrinya Ibu Matilde menyambut kami, serta kisah hidup mereka menjalani masa pensiun memberikan kita peneguhan bahwa kita akan sampai di titik kehidupan seperti ini. Dan cara mereka menjalaninya dengan penuh sukacita, juga menginspirasi kita semua bahwa kehidupan saat pensiun harus dibuat sukacita. Dan keputusan itu ada di tangan kita, dan perlu dipersiapkan sejak dini.

Sejenak Merangkum dan Bersukacita

Puncak dari seluruh perjalanan ini kami pusatkan di sebuah restoran untuk makan malam bersama. Penampilan Eka malam itu:

Sementara itu kami berdua pun ingin merekam momen itu dengan pemandangan kota London dari ketinggian.

Seputar meja makan memang momen yang pas untuk berbagi cerita, termasuk kisah nostalgia di UK dan Southampton. Semua ini diangkat dengan rasa penuh syukur, karena atas perkenan Allah Maha Pengasih, Eka dapat menyelesaikan studinya dengan sukses dan siap memasuki dunia baru, yaitu dunia kerja.

Walau perjalanan hidup masih akan berlanjut, berhenti sejenak dan merangkum pelajaran hidup sejauh ini akan menjadi bekal yang berharga untuk perjalanan selanjutnya. Bangun optimisme dengan penuh keyakinan bahwa sukses ke depan tergantung pada apapun keputusan yang kita ambil hari ini. Yang tidak akan berubah, adalah usaha untuk terus belajar agar hari ini bisa lebih baik dari kemarin dan besok lebih baik dari hari ini.

“We do not develop habits of genuine love automatically. We learn by watching effective role models – most specifically by observing how our parents express love for each other day in and day out.” (Josh McDowell)

  1. Instagram: https://www.instagram.com/josefbataona
  2. Twitter: https://www.twitter.com/josefbataona
  3. LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/josefbataona
  4. Facebook: https://www.facebook.com/josbataona

Bookmark and Share

6 Responses to Mengapresiasi Tiap Momen Kehidupan

  1. Santi Sumiyati says:

    Selamat malam Pak Josef, selalu ada Nilai baik dan pencerahan setiap membaca tulisan Bapak. Seperti ada doanya. Terima kasih ya Pak, sudah berkenan “mengingatkan” untuk selalu bersyukur, bahagia dan yang terpenting juga untuk membahagiakan orang lain. Sehat selalu dan terima kasih.

    • josef josef says:

      Terima kasih Santi, nilai nilai kebaikan seperti itu sering hadir dihadapan kita setiap hari. Begitu juga kesempatan untuk bersyukur dan membahagiakan orangp lain, hadir dalam berbagai momen. Namun sering Lewat begitu saja, luput dari perhatian kita. Tulisan ini diangkat untuk mengingatkan kita semua tentang ini. Salam

  2. Santi Sumiyati says:

    Pak Josef, selamat atas kelulusan putri Bapak dari program Post Graduated di UK. Semoga Eka senantiasa memberikan terang bagi sekitarnya sebagaimana yang telah Bapak lakukan. Salam hormat, Santi.

    • josef josef says:

      Terima kasih banyak Santi, kami telah berusaha untuk mengawal dia sampai ke pintu kehidupan berikutnya, berkarya untuk kepentingan banyak orang. Doa kami akan terus mengiringi perjalanan Eka agar bisa terus memberikan manfaat buat banyak orang. Salam

  3. rolin says:

    Kehidupan Bapak&kel seperti sungai yang tidak habis airnya.
    Terima kasih selalu mengajarkan kami untuk menjadi pengaruh positif bagi sekitar kita.
    Sehat selalu ya Pak.
    Salam buat Ibu dan Eka.

    • josef josef says:

      Terima kasih Rolin, fondasinya adalah senantiasa bersyukur. Melangkah setiap hari dengan mindset positif, maka kita akan menarik mereka yang juga punya mindset dan berperilaku positif ke sekitar kita. Bayangkan bila lingkunganmu penuh dengan energy positif, maka tak ada lagi tempat tersisa untuk energi negatif mendekat. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Rolin, fondasinya adalah senantiasa bersyukur. Melangkah setiap hari dengan mindset positif, maka...

rolin:
Kehidupan Bapak&kel seperti sungai yang tidak habis airnya. Terima kasih selalu mengajarkan kami untuk...

josef:
Terima kasih banyak Santi, kami telah berusaha untuk mengawal dia sampai ke pintu kehidupan berikutnya,...

josef:
Terima kasih Santi, nilai nilai kebaikan seperti itu sering hadir dihadapan kita setiap hari. Begitu juga...

Santi Sumiyati:
Pak Josef, selamat atas kelulusan putri Bapak dari program Post Graduated di UK. Semoga Eka...


Recent Post

  • Energi dan Harapan Masa Depan
  • Mengapresiasi Tiap Momen Kehidupan
  • MU dan Leadership ala Alex Ferguson
  • Perjuangan Meraih Sukses
  • Kejutan Dalam Rencana Suksesi
  • Saya Belajar Caranya Belajar
  • REFLEKSI untuk Pengembangan Diri
  • Tak Selamanya Mendung Itu Kelabu
  • Setelah Baju Itu Kutanggalkan
  • KESEHATAN: Harta Tak Ternilai