Digitalisasi di Telapak Tanganmu

Posted on March 8th, 2019

“It’s not AI that is going to transform your business – it’s YOU. But you have to understand the principle of AI and how they can be applied.” (Chris Skyes)

MEWABAH. Mungkin itu gejalah yang muncul, manakala kita mencermati berbagai diskusi, pembahasan, seminar dan lain-lain. Entah itu dalam konteks disruption, atau dalam konteks menuju Industry 4.0 atau 5.0. Atau boleh jadi, kesadaran perusahaan dan individu akan perlunya mengikuti perkembangan sekitar kita, agar bisa tepat dan cepat mengambil keputusan tentang apa yang perlu dipersiapkan untuk masa depan

Group FTHR

Muncul pula WA group yang menamakan dirinya FTHR, yang bisa dibaca Future Human Resources atau Further Human Resources. Group ini, sebagaimana halnya group WA lainnya, berinisiatif untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman dari para anggota, tentang trend yang ada diseputar kita termasuk tentang digitalisasi. Juga tentang berbagai seminar dalam dan luar negeri yang membahas materi tersebut, siapa tahu ada yang berminat untuk mengikutinya. Hari Rabu sore itu saya berkesempatan hadir (sebagai anggota group) di LoopHaus, untuk menyimak sharing dengan tema: Future Talks: Future of Work & the Impact to Business Agility, dengan pembicara pa Pambudi Sunarsihanto, Riko Tasmaya, Denny Galant, Irma Erinda. Beberapa sudut pandang berbeda disajikan untuk memotret dan menginterpretasi perkembangan sekitar kita. Berikut foto Bersama.

Paham Teknologi

Memang perlu untuk kita mengetahui tentang apa yang dilakukan berbagai perusahaan dalam konteks Digitalisasi. Dalam paparannya, pa Riko Tasmaya dan juga pa Denny mengingatkan kita semua akan peran manusia, bersamaan dengan perkembangan teknologi, seperti kata Chris Skyes:

It’s not AI that is going to transform your business – it’s YOU. But you have to understand the principle of AI and how they can be applied. (Chris Skyes, CEO Head of robotics at Volume UJ Marketing Agency)

Karena itu dalam menyusun HUMAN CAPITAL ROADMAP, perlu diperhatikan:

  • Value –Culture, Ethics, Conduct
  • Organization –accommodate the change of business model
  • Human Capital Transformation: New skills set, new talent profile, Reward, Career path

Dalam konteks ini, peran HR sebagai Strategic partner sangat kritikal, dan ini saatnya untuk mengambil peran aktif.

Pada Akhirnya Manusia

Kemampuan untuk mengasah AGILITY sangat membantu, demikian fokus pemaparan pa Pambudi. Pekerjaan karyawan memang bisa digantikan oleh komputer. Tetapi perlu digaris-bawahi, bahwa dengan komputer mengambil-alih sebagian pekerjaan karyawaan, akan tercipta peluang dan kesempatan untuk melakukan hal-hal yang lebih penting, yang tidak dapat dilakukan oleh mesin.

Untuk itu memiliki PURPOSE, baik itu perusahaan atau karyawan akan sangat membuat kita fokus. Visi dan misi saja belum cukup, demikian Irma memaparkan pengalamannya dalam membantu karyawan untuk mendefinisikan Purpose masing-masing. Perusahaan yang punya Purpose, bisa menjelaskan Why the company exist, dan akan sangat membantu dalam mendrive engagement dan membangun emotional connection dengan karyawannya.

Kini saatnya untuk meneruskan perjalanan karier dalam situasi yang unik, yang dikemudian hari akan bisa menjadi kisah yang menarik untuk dibagikan kepada penerus kita, seperti kata pa Rico: Be the best writer of your own history…

Inspigo

Langkah kecil apa yang bisa dilakukan untuk bisa turut berkontribusi? Semua yang hadir umumnya pakar di bidang masing-masing. Tapi apakah mereka mau berbagi ilmu dan pengalamannya? Pertanyaannya tidak berhenti disitu, kalau dia mau berbagi, platform apa yang bisa digunakan agar lebih ramah buat generasi zaman now?

Inspigo menawarkan model. Siapa yang mau berbagi silahkan menghubungi mereka. Melalui aplikasi Inspigo pemegang Smartphone saat ini bisa mendengarkan sharing inspiratif dari berbagai pembicara. Sudah tersedia 300+ topik, seperti dipaparkan oleh CEO Inspigo, pa Tyo Guritno pada hari itu

Bagi yang mau akses dan menjadi member, silahkan download Inspigo di goole play atau Appstore, kemudian ikuti step yang tersedia, untuk menjadi member Inspigo secara gratis. Anda dapat menggunakan kode undangan dari saya: jbataona saat anda mendaftar. Begitu terdaftar anda berhak mendapatkan  kesempatan premium untuk download sharing mana saja agar bisa didengarkan offline, selama 14 hari.

Tanpa disadari sudah jam 21:00, namun peserta masih tetap bersemangat menyimak sampai selesai, dan ditutup dengan foto bersama diatas.

Dengan platform seperti yang ditawarkan Inspigo, bagi yang mau berbagi silahkan menggunakan kesempatan ini, karena di dalam genggaman tangan generasi zaman now, mereka siap mendengarkan berbagai inspirasi kapan saja, dimana saja dengan ragam pilihan topik yang tidak kalah menariknya. Andapun pasti punya cerita menarik untuk dibagi.

“You can’t do today’s job with yesterday’s methods and be in business tomorrow.”  (George W Bush)

  1. Instagram: https://www.instagram.com/josefbataona
  2. Twitter: https://www.twitter.com/josefbataona
  3. LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/josefbataona
  4. Facebook: https://www.facebook.com/josbataona

Catatan: Sehubungan dengan kesibukan dan perjalanan ke luar kota, tidak ada postingan di blog pada tanggal 12, 15 dan 19 Maret 2019. Postingan baru akan hadir lagi Jumat 22 Maret 2019.

Bookmark and Share

2 Responses to Digitalisasi di Telapak Tanganmu

  1. Santi Sumiyati says:

    Terima kasih Pak Josef untuk pengetahuan tentang agility terhadap perubahan,salah satunya di bidang HR. Mau tidak mau harus dihadapi ya Pak. Terima kasih. Salam hornat, Santi Sumiyati

    • josef josef says:

      Terima kasih sama2 Santi, Bila kita tidak mengikuti perubahan, maka kita akan ketinggalan. Terus belajar untuk mengupgrade diri dengan berbagai pengetahuan yang tersedia. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Santi, setelah menyiangi rumput liar, jangan lupa untuk memupuki dan menyirami secara...

Santi Sumiyati:
Terima kasih Bapak…benar sekali seringkali saya membiarkan “rumput liar” memenuhi...

josef:
Terima kasih Santi, tidak ada yang kebetulan. Alam semesta menyediakan banyak kesempatan untuk belajar, dari...

josef:
Terima kasih Santi, banyak tradisi yang kaya pembelajaran yang perlu kita simak sambil bersyukur. Salam

Santi Sumiyati:
Benar Pak, saya pernah melihat di liputan khusus salah satu TV Luar Negeri tentang makna sosial...


Recent Post

  • Benih Positif di Taman Kehidupan
  • Mengenal dan Memotivasi Team
  • Perluas Wawasan
  • Konektivitas Bermakna
  • Lestarikan Tradisi sambil Bersyukur
  • Mengapresiasi dengan Perilaku Positif
  • Menenun Kebersamaan Lintas Negara
  • Let us Play the Game
  • Coaching World Game 2019
  • Akselerasi Pengembangan Valuable Talent