Memupuk Kebanggaan Tim

Posted on April 15th, 2014

“Take pride in how far you have come and have faith in how far you can go.” (Christian Larson)

BARU SETAHUN EMPAT BULAN saya bekerja bersama tim ini. Sejauh ini saya terus memfasilitasi tim untuk mencari berbagai peluang untuk menumbuhkan semangat dan gairah kerja, terutama semangat kerja sama dalam tim.

Muara dari semua ini tentu saja kecintaan pada pekerjaan yang jadi tanggung jawabnya, sekaligus peduli pada mereka yang perlu dilayani melalui tugas masing-masing. Karena pada akhirnya ada pihak yang mendapatkan manfaat dari pelayanan tugas kita. Jadi mengerjakan tugas sehari-hari bukan sekedar menjalankan apa yang tertuang dalam job description, tapi dengan sepenuh hati melihat lebih dalam tentang pihak-pihak lain, yang karena mereka kita hadir untuk bekerja.

Memupuk Kebanggan Tim by josefbataona dotcom

Kebanggaan dan Karya Penuh Makna

Sebagai bagian dari planning meeting kali ini, kami sempatkan untuk mengajak tim untuk melihat kembali perjalanan sejauh ini dan menyimak berbagai aspek yang membuat mereka bangga. Yang paling menonjol adalah muncul berbagai kosa kata positif dalam daftar tersebut.

Kata-kata positif tersebut berikut ini kiranya bisa memberikan gambaran kepuasan mereka dalam bekerja: kontribusi nyata, melayani,  kompak, tim yang solid, kerjasama tim, kebersamaan, kolaborasi, take part in.., kekeluargaan, serve and support each other, always strive for the best, good relationship, grow and develop, care. Dan masih banyak lagi.

Refleksi seperti ini memang diperlukan, agar masing-masing anggota tim melihat kembali hal-hal yang mungkin selama ini “taken for granted”. Dengan melakukan refleksi, mengungkapkan dan berbagi pada anggota tim, kita semua bisa menyimak hal-hal yang mungkin untuk kita nampak biasa saja, tapi bagi anggota tim lain merupakan hal yang penting.

Lembar Putih Bersih

Ibarat sebuah lembaran kertas putih kosong. Kita diminta untuk mengisinya dengan tanda positif (+) atau negative (-). Semakin banyak tanda positif yang kita isi, semakin berkurang peluang untuk tanda negative dihadirkan. Semakin pikiran kita diisi dengan aspek positif yang membanggakan, tidak akan tersisa ruang untuk diisi dengan hal yang  sifatnya negative.

Bila ini kita lakukan dengan penuh kesadaran maka akan tercipta koneksi positif antar anggota tim, sekaligus menciptakan energi positif setiap saat kita menjalankan tugas kita. Dan yang paling penting adalah, setiap momen yang kita hadapi, akan kita lihat dari sudut pandang positif.

Dari berbagai survei juga sudah mengindikasikan, bahwa karyawan yang bekerja dalam lingkungan kerja positif, dalam suasana saling peduli, saling membantu,  akan lebih bahagia. Dan pada gilirannya akan memberikan hasil yang berlipat.

“Whatever goal you want to reach, you can reach it 10 times faster if you are happy.” (Steve Chandler)

Kebanggaan dan Apresiasi

Kebanggaan akan terus dipupuk kalau kita luangkan waktu untuk melihat aspek positif dari pekerjaan kita, melihat Value dari dari apapun yang dikerjakan bagi orang lain yang kita layani. Namun begitu, aspek positif tersebut akan bisa terjadi karena keterbukaan yang tulus dari anggota tim untuk mengungkapkannya kepada yang lain, sambil memberikan apresiasi. Ini membutuhkan kebesaran hati, diperlukan latihan untuk membiasakan diri. Semakin terbuka situasinya, semakin spontan apresiasi itu diungkapkan.

Tidak heran kalau Michael Hyatt berujar dalam sebuah interview:

“The best way to deal in a transparent world is just be transparent. Let your life be authentic and let people look in. Because if they want to find out, they’re gonna find out. And so to me it’s given me a greater sense of accountability as a CEO. It’s given me a greater opportunity to lead. (Michael Hyatt,Vanderbilt University Interview)

Lebih jauh lagi dari langkah tersebut di atas, diharapkan kita akan bisa saling memberikan umpan balik kepada anggota tim, kalau yang kita alami atau saksikan adalah sebaliknya (negative). Ini merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaga dan memupuk kebanggan kita sebagai tim yang siap melanjutkan perjalanan dalam lingkungan yang penuh motivasi. Dan pada gilirannya bisa meningkatkan produktivitas kerja, sekaligus meningkatkan kepuasan para pelanggan kita.

“You should strive to find happiness every day and not believe that it comes at the end of the journey.” (Bill Clinton)

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...

Agnes Keraf:
Selamat siang dan terima kasih Besa untuk berbagi berkat yg menginspirasi. Mendengar dgn hati tidak...

josef:
Terima kasih sama-sama Riski, semoga bermanfaat untuk dijadikan pedoman hidup sehari-hari. Salam


Recent Post

  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life
  • Berpikir Positif Percepat Kesembuhan