Serve ‘n Smile dalam Membangun Tim

Posted on November 23rd, 2012

RENCANA baru saja dipaparkan oleh Panitia, tapi sudah membuat kita tersenyum membayangkan apa yang bakal terjadi. Kita sudah langsung digoda dengan design kaos yang ceria.

Tema Serve n Smile

Program yang mengambil tempat di sebuah hotel di Cipanas, dimulai dengan menjelaskan tema;

Serve: Apapun yang dikerjakan adalah bagian dari “Panggilan/Calling” untuk melayani, dan bukannya sekedar menjalankan butir-butir job description. Menyadari hal ini, akan membuat tugas pelayanan itu menjadi ringan karena dikerjakan secara tulus dari hati.

Smile: Melayani sepenuh hati, sudah otomatis membuat wajah ini tersenyum. Karena senyum dari hati akan menyebarkan aura positif yang bisa dirasakan oleh siapa pun yang dilayani.

Sengaja saya menempatkan Smile sebagai urutan kedua dalam tema ini, sebagai kegembiraan karena bisa melayani, sekaligus memperkuat kesadaran akan panggilan untuk pelayanan berikutnya lagi, suatu bibit proaktif tanpa harus menunggu disuruh untuk melakukannya.

Refleksi 2012 dan Harapan 2013

Semua peserta berkesempatan memberikan input untuk diskusi di acara ini melalui dua pertanyaan:

“Sebutkan dua/tiga hal yang sudah dikerjakan HR selama 2012, yang  membuatmu bangga dan apa saja yang perlu dilakukan/diperbaiki untuk 2013.”

Paparan tentang perjalanan 2012 sengaja saya tampilkan untuk menggugah Kebanggaan tim akan apa yang sudah dicapai. Disamping itu, memberikan kesempatan juga untuk mengetahui apa yang dicapai oleh teman-teman lainnya di HR. Ini akan membuat semua anggota tim saling mengapresiasi dan mempertebal rasa sebagai satu HR.

Menurut hemat saya, kesadaran ini sangat penting untuk dikedepankan terutama dalam moment seperti ini. Dan sungguh luar biasa, begitu melihat daftar jawaban, karena ada banyak yang telah dicapai, hal yang sungguh menumbuhkan kebanggaan itu.

Dalam membahas 2013, secara khusus saya menyampaikan terima kasih atas keterbukaan mereka, terutama dalam mengedepankan apa yang harus diperbaiki. Terlebih, keterbukaan mereka untuk berani menyebutkan apa yang saya sebagai pimpinan, dan apa yang harus dilakukan untuk perbaikan, termasuk dalam personal approach. Dan secara spesifik mereka menyebut nama saya dan area of improvement.

Glee Project: Catch your energy, release your potential

Seluruh tim dibagi 10 (sepuluh) kelompok dan masing-masing tim harus pentas sesuai dengan tema Glee Proyek yang diberikan. Ini tidak kalah uniknya: Country, Pop, Rock, Dangdut, Hip Hop, Reggae, Jazz, Keroncong, Traditional Indonesia dan Dugem.

Masing-masing tim harus menerjemahkan tema tim mereka ke dalam pentas yang tidak lebih dari 5 menit (dihitung dari jalan memasuki pentas sampai mereka turun pentas lagi). Berikut ini hanya beberapa tampilan yang memberikan gambaran tentang penampilan tim malam itu.

Kebersamaan di Alam Terbuka

Berbagai program telah diramu untuk mempertebal kerja sama tim. Di bawah ini, hanya beberapa foto untuk menggambarkan berbagai aktifitas. Silahkan membuat interpretasi sendiri tentang apa yang sedang dilakukan.

Namun yang menarik adalah: semuanya bersedia mengikuti seluruh program, di bawah terik matahari, terkadang harus menguras tenaga, ada tantangan akan integritas tim, dan yang terpenting adalah bagaimana setiap tim harus memberi kesempatan sama kepada anggota tim untuk mengemukakan pendapatnya, dan ikut ambil bagian demi keberhasilan timnya.

Kembali dari Cipanas, di Lini Masa saya, terlihat LollyDaskal berkicau melalui Twitter:

“Once you understand people and you believe in them, they can truly begin to shine”

Sayapun langsung menanggapi ini, mere-Twitt dengan tambahan sebagai berikut:

So proud of my HR Team RT @LollyDaskal: Once you understand people and you believe in them, they can truly begin to shine

Senyum di wajah-wajah mereka di bawah ini, seakan memberikan afirmasi atas statement itu.

Seluruh tim sepakat, bahwa mereka akan kembali ke Jakarta dengan membawa mindset positif tentang kerja sama tim yang harus terus dibangun di tempat kerja. Dan ini merupakan pengalaman yang sulit mereka lupakan. (*)

Bookmark and Share

2 Responses to Serve ‘n Smile dalam Membangun Tim

  1. mudji says:

    Terima kasih atas sharing & reminder-nya Pak….;)
    Karena diriku masih suka lupa “smile” saat lagi kebanjiran pekerjaan…;D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life