Bangga dengan Pekerjaanku

Posted on June 8th, 2018

“If you want creative workers, give them enough time to play.” (John Cleese)

KUNJUNGAN BIASA yang saya lakukan sore itu: bertemu dan diskusi dengan Kepala Divisinya soal Human Resources. Karyawan yang berada sekitar ruang kerja KADIV-nya juga menyadari kehadiran saya sore itu. Mereka kerja serius seperti biasa.

Namun setelah saya keluar dari ruang Kadiv, saya dipancing dengan komentar oleh Kadiv sendiri seputar tulisan saya di Buku ‘#CURHATSTAF: Seni Mendengarkan bagi Para Pemimpin’. Karyawan yang duduk di sekitar situ langsung  antusias berdiri dan bergabung di antara meja kerjanya. Walau hari sudah sore, tapi nampaknya gairah dan energy positif masih terasa di tengah mereka. Obrolan santai pun berlanjut.

8 Juni 18_Bangga dengan Pekerjaanku1

Tidak Perlu Dalam Kelas

Kalau saya cermati, bahan pembicaraan sore itu biasanya merupakan materi yang bisa diramu dalam sesi yang lebih formal di dalam ruang kelas. Tapi sore itu mengalir begitu saja. Ada cerita, ada pertanyaan yang dilontarkan, atau sekedar komen.

Dan semuanya ditanggapi santai, tapi saya berkeyakinan lebih dalam diserap daripada kalau mereka berkesempatan mendengarkannya dalam kelas. Dan pembicaraan itu mengalir lebih lanjut menyinggung nilai-nilai positif yang perlu ditanamkan dalam diri karyawan untuk mempertebal komitmen mereka untuk bekerja meraih sukses.

Inspirasi di Depan Mata

Di dinding sepanjang lorong lantai tersebut, kita bisa saksikan kompilasi model wordsalad, yang berisi nilai-nilai penting bila seseorang ingin sukses. Utamanya dalam huruf yang lebih besar adalah Nilai Indofood: Discipline, Integrity, Respect, Unity, Innovation, Excellence. Yang lain adalah turunan dari values tersebut.

8 Juni 18_Bangga dengan Pekerjaanku2

Setiap melewati lorong itu, tidak bisa tidak mata akan sempat melirik dan membaca tulisan itu. Andaikan setiap hari, setiap karyawan mengambil salah satu nilai itu, dan berusaha untuk hidup sepanjang hari sesuai nilai tersebut, maka akan bertebaran gelombang positif dari pikiran dan perilaku karyawan yang ada di lantai tersebut.

Belum lagi berbagai pernyataan positif di dinding lainnya, yang sekaligus merupakan komitmen untuk secara bersama-sama melangkah dalam irama yang sama dengan tujuan yang sama (lihat foto 1 di atas). Melihat tulisan itu setiap hari, seakan karyawan sedang memperbaharui dan meneguhkan komitmen, sebut saja: Make it PROUD

Komitmen ini, Make it PROUD, bukan saja membuat mereka bangga bila mengemban tugas di divisi mereka, tapi mereka juga bangga bisa mempunyai teman-teman yang kompak seiring sejalan, bangga bisa menjadi karyawan yang salah satu tanggung-jawabnya adalah menciptakan makanan sehat untuk bayi agar mereka bisa tumbuh sehat menjadi pemimpin masa depan yang handal. Amin

Dengan cara seperti ini, karyawan di divisi ini akan terus menciptakan suasana kerja positif yang menyenangkan, menggairahkan dan sekaligus membawa kebahagiaan.

“It is not in doing what you like, but in liking what you do that is the secret of happiness.” (James Barrie)

CATATAN: Dikarenakan adanya Cuti Bersama Lebaran 2018, postingan berikutnya baru hadir lagi pada Selasa (26 Juni 2018).

  1. Instagram: https://www.instagram.com/josefbataona
  2. Twitter: https://www.twitter.com/josefbataona
  3. LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/josefbataona
  4. Facebook: https://www.facebook.com/josbataona

Bookmark and Share

2 Responses to Bangga dengan Pekerjaanku

  1. Santi Sumiyati says:

    Selamat siang Pak Josef, terima kasih sudah menginspirasi dengan tulisan Bapak. Salah satu poin penting adalah inspirasi untuk menerapkan Nilai – nilai Perusahaan dan membangun budaya kerja sehingga kami bisa mencintai pekerjaan kami. Terima kasih Pak Josef.

    • josef josef says:

      Terima kasih Santi, hadirnya Nilai perusahaan itu pasti ada tujuannya. Karena itu memahami dan hidup sesuai nilai tersebut akan bisa menyatukan seluruh karyawan dalam melangkah mencapai cita-cita. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kaaih sama2 Santi, yang saya angkat adalah keseharian, yang bisa dialami siapa saja. Dan tujuannya...

josef:
Terima kasih sama2 Santi. Untuk test online, search saja di google. Salam

Santi Sumiyati:
Selamat sore Pak Josef, saya suka bertanya tanya sendiri, mengapa setiap selesai membaca tulisan...

Santi Sumiyati:
Selamat sore Pak Josef, terima kasih untuk ilmunya yang baru buat saya. Bila kita ingin mengikuti...

josef:
Terima kasih Santi, semua kejadian pasti ada hikmatnya, tergantung bagaimana kita menanggapinya.


Recent Post

  • Pemimpin Berkarakter Positif
  • Dampak Kata-Kata Positif
  • Enneagram: A Journey of Self-Enlightenment
  • Agar Lulus Meredam Ego
  • Menginspirasi dengan Perilaku Positif
  • Suara Hati Karyawan
  • Transformasi Berkelanjutan
  • Pemimpin dengan #180FitChallenge
  • Makna Terima Kasih Seorang Pemimpin
  • Di Antara Bebatuan Ini Kami Dibesarkan