Perhatian Kecil Berdampak Besar

Posted on July 10th, 2018

(Perpisahan – Bagian 2)

“The quality of one’s life depends on the quality of attention. Whatever you pay attention to, will grow more important in your life.” (Deepak Chopra)

TERKADANG apa yang kita lakukan sebagai bagian dari kebiasaan baik, bisa memberi makna tertentu dalam diri seseorang, walau yang bersangkutan tidak pernah bercerita. Sebut saja menyapa selamat pagi.

Adalah kebiasaanku untuk menyapa siapa saja di kantor tanpa peduli pangkat dan jabatan. Saya baru kaget membaca postingan anggota tim di Facebook atau Instagram, ataupun membaca scratched book yang disusun team. Di sana terungkap beberapa contoh dari kebiasaan kecil yang ternyata memberikan makna besar bagi yang mengalaminya.

Selamat Pagi

Di postingan IG-nya, Diana melukiskan hubungan tanpa sekat:

“Level Direktur yang dimiliki tidak membuat bapak sombong dan sulit untuk dijangkau, tapi justru beliau turun dan tidak segan untuk berinteraksi dan bercanda bersama, bahkan pintu ruangannya selalu terbuka supaya setiap orang bisa datang bertanya dan curhat untuk urusan apapun ……. Terima kasih pak sudah menjadi pemimpin yang ramah, care, gaul, asyik, fun, positif, openminded, dan tentunya selalu menginspirasi. Bapak membangun atmosfer menyenangkan yang akhirnya membuat saya merasa nyaman di kantor dan ngga perlu jaim.”

Karena itu saat dia memintaku untuk foto dengan gaya yang dimauinya, sayapun mengiyakan.

10 Juli 2018_Perhatian Kecil Berdampak Besar1

Sementara itu Yohana yang punya kebiasaan datang pagi pun mengangkat makna perhatian kecil yang ternyata berdampak besar:

“Saya pasti akan sangat merindukan sapaan Bapak setiap pagi, keramahan bapak yang tidak pernah segan keluar dari ruangan untuk berbincang ringan, bercanda, dan berbaur dengan kami. Saya juga pasti akan selalu mengingat bagaimana Bapak sangat perhatian dan peduli dengan hobi saya (mulai dari K-pop sampai gonta ganti warna rambut, harapan-harapan saya kedepan (selalu menginfokan saya tentang beasiswa2 untuk mendukung impian saya melanjutkan Pendidikan)…… Bapak sudah mengajarkan saya seberapa besar dampak dari sedikit perhatian bagi sesama. Karena sebesar itulah dampak dari kebaikan-kebaikan kecil Bapak buat saya….. Bapak selalu menjadi reminder bagi saya bahwa apapun yang terjadi, selalu ada sisi positif yang bisa saya lihat.”

Apa yang dikemukakan oleh Yohana merupakan cara saya untuk mencairkan suasana dan menciptakan jembatan untuk membangun dialog. Contoh yang dikemukakan ini berkaitan dengan yang dia sendiri alami. Dan tentu anggota tim lainnya punya contoh dari pengalaman yang unik untuk mereka.

Belajar Menjadi Diri Sendiri

Di laman Facebook dan IG-nya, Lia (Catur Amalia) mengangkat tema sehubungan dengan pelajaran dari moto hidupku, yang bisa jadi panduan hidup siapa saja:

“Be yourself but better everyday…

Ga salah kalau ini semboyannya Pak @josefbataona karena salah satu yang dilakukan Bapak adalah meluangkan waktu setiap hari untuk melakukan refleksi diri…

Memberi kesempatan diri sendiri untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu…

Memberi kesempatan diri sendiri untuk terus kreatif….

Memberi kesempatan diri sendiri untuk berfikir & bersikap positif…

10 Juli 2018_Perhatian Kecil Berdampak Besar2

Keren ya… Buat saya keren banget…

Bapak salah satu role model buat saya karena semua yang Bapak share ke kami sudah terbukti oleh Bapak sendiri…

Terima kasih yang tak terhingga untuk semuanya Pak terutama telah menjadi keluarga & teladan bagi kami keluarga CHR Indofood…

Sukses, bahagia selalu, keep inspiring & tetap menjadi berkah bagi keluarga & sekitar Pak”

Melayani Bukan Dilayani

Sementara itu Ratih Hapsari mengingatkan saya akan peristiwa 5 tahun lalu, seperti yang ditulis di laman Facebooknya:

10 Juli 2018_Perhatian Kecil Berdampak Besar3

“Dalam sebuah acara peresmian ruang kerja salah satu divisi 5 tahun yang lalu, Pak Josef Bataona pernah berkata “…saya datang ke Indofood adalah untuk melayani kalian dan bukan untuk dilayani…”

Inipun digarisbawahi oleh Elfi Prawitasari yang menulis:

“Teruntuk Pak Josef Bataona, terima kasih sudah menjadi pendengar yang baik, pembimbing sekaligus ‘pelayan’ bagi kami semua Pak, untuk segala warisan nilai-nilai lewat kata dan contoh yang Bapak berikan..

Bos jaman now, bos asik, bos keren, great coach, awesome leader..itu semua julukan yang keluar dari hati teman-teman saat mendeskripsikan Bapak dalam kata-kata yang dituliskan di props yang kami buat.

Tidak mampu kami balas semua itu, hanya doa untuk Bapak dan keluarga agar tetap sehat dan terus bisa menaburkan benih-benih kebaikan dan berbagi hal-hal positif dalam misi kehidupan Bapak selanjutnya.”

10 Juli 2018_Perhatian Kecil Berdampak Besar4

Saya sengaja mengangkat ini dalam tulisan di blog, agar pesan sosmed yang penting ini bisa terus hadir, dan terus mengingatkan saya akan pentingnya human touch. Dan ini merupakan bagian dari pesan hari terakhir yang masing-masing mereka ungkapkan…. Dan masih banyak lagi. (Bersambung)

“We’ve got this gift of LOVE, but love is like a precious plant. You can’t just accept it and leave it in the cupboard or just think it’s going to get on by itself. You’ve got to keep watering it. You’ve got to really look after it and nurture it.” (John Lennon)

  1. Instagram: https://www.instagram.com/josefbataona
  2. Twitter: https://www.twitter.com/josefbataona
  3. LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/josefbataona
  4. Facebook: https://www.facebook.com/josbataona

Bookmark and Share

4 Responses to Perhatian Kecil Berdampak Besar

  1. Diana Wirawan says:

    Wahh fotokuu muncul di blog bapakkk.. 😀
    thankyou Pak! Rasanya bapak tidak perlu takut lupa ttg pemberian human touch karena keberadaan bapak dimanapun saya yakin memberikan kesan positif ke semua orang..
    Good morning dan selamat beraktivitas pak! 🙂

    • josef josef says:

      Terima kasih Diana, kisah di blog ini akan selalu hadir dan dibaca banyak orang, dengan demikian testimony Diana akan menjadi bagian tak terpisahkan dari sharing ini. Semoga bermanfaat bagi banyak orang.

  2. rolin says:

    “Happy Birthday Pak Josef”
    Kiranya bertambah-tambah sukacita dihadapan Bapak & Kel.
    Saya salah satu dari jutaan pribadi yang sangat diberkati atas setiap artikel yang Bapak berikan.
    Terima kasih Pak Josef.

    • josef josef says:

      Amiiin, terima kasih Rolin, bukan sebuah kebetulan bahwa kita berpapasan dalam perjalanan hidup ini. Pasti ada alasannya, yang boleh jadi sudah kita pahami, atau nanti akan kita pahami bila tiba waktunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kaaih sama2 Santi, yang saya angkat adalah keseharian, yang bisa dialami siapa saja. Dan tujuannya...

josef:
Terima kasih sama2 Santi. Untuk test online, search saja di google. Salam

Santi Sumiyati:
Selamat sore Pak Josef, saya suka bertanya tanya sendiri, mengapa setiap selesai membaca tulisan...

Santi Sumiyati:
Selamat sore Pak Josef, terima kasih untuk ilmunya yang baru buat saya. Bila kita ingin mengikuti...

josef:
Terima kasih Santi, semua kejadian pasti ada hikmatnya, tergantung bagaimana kita menanggapinya.


Recent Post

  • Pemimpin Berkarakter Positif
  • Dampak Kata-Kata Positif
  • Enneagram: A Journey of Self-Enlightenment
  • Agar Lulus Meredam Ego
  • Menginspirasi dengan Perilaku Positif
  • Suara Hati Karyawan
  • Transformasi Berkelanjutan
  • Pemimpin dengan #180FitChallenge
  • Makna Terima Kasih Seorang Pemimpin
  • Di Antara Bebatuan Ini Kami Dibesarkan