Choose Your Attitude: Perilaku Positif yang Patut Dicontoh

Posted on December 18th, 2012

“There is always a choice about the way you do the work, even if there is not a choice about the work itself.” (Mary Jane)

HANYA 7 bulan lalu, dan masih segar di ingatan, peristiwa yang membuat kagum banyak petinggi perusahaan yang hadir: Tim yang menerima nilai Service Excellence rendah, tampil di podium untuk sharing kegagalan mereka. Ini untuk pembelajaran kita semua. Bersama  dengan itu, mereka membuat komitment untuk berusaha maksimal agar mereka bisa tampil lebih baik dalam periode penilaian berikutnya. (Baca kisah sebelumnya berjudul “Sharing kegagalan dan Kebesaran Jiwa, klik di sini)

 

Fish Philosophy

Fish Philosophy yang kami gulirkan dalam setahun terakhir ini, memberikan kesempatan untuk masing-masing unit kerja dapat mendiskusikan bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan yang diinginkan bersama. Kisah berawal dari Pike Place Fish Market di Seatle, Amerika.

Empat falsafah dasar: Choose your attitude, Make their day, Be there dan Play. Pada kesempatan ini saya hanya ingin menggaris-bawahi: Choose your attitude.

Memahami Falsafah ini akan membantu kita untuk:

  • Memahami bahwa setiap kita bertanggung jawab dalam memilih perilaku. Atau apapun perilaku yang kita tampilkan adalah PILIHAN kita saat itu.
  • Kita dapat menyesuaikan perilaku kita, bila yang kita pilih awalnya tidak sesuai.
  • Dalam memilih perilaku, perlu dipertimbangkan juga dampaknya.

Dengan memahami latar belakang perilaku “Choose your attitude” ini, maka kita tidak akan menyalahkan siapa-siapa kalau ternyata perilaku yang kita tampilkan adalah negative. Misalnya, kalau saya marah, itu adalah pilihan saya, dan bukannya karena orang lain yang membuat saya marah.

Mengapa?? Karena saya juga punya pilihan untuk tidak marah.

Perilaku Positif di Balik Kegagalan

Myrna dan kawannya Imel, dalam kisah 7 bulan yang lalu, tidak main-main dengan tekad mereka. Dalam hal Customer Service, pedoman boleh sama, detail langkah pelaksanaan boleh sama, tapi Myrna dan Imel menanggapi dengan semangat extra, gairah untuk maju dan tekad untuk meraih hasil yang lebih baik bersama timnya.

Mereka tidak mau tampil lagi di podium untuk kedua kalinya untuk sharing kegagalan. Choose Your Attitude benar-benar dijalankan secara sadar, seakan sepaham dengan Pam Garcy, dalam tulisannya tentang Choose Your Attitude, part 7, di Majalah Cultivate Life!, yang berkisah:

Positive attitude: People with this type of attitude tend to look for the opportunity, learning experience, road to growth or reason to be happy about their situations. They focus upon the goal of creating great outcomes, which leads to self-expansion. If they make mistakes, they tend to use mistakes as feedback and tend to correct their behaviors. These folks have been labeled “winners”, “optimists”, “owners” and “empowered.”

Apakah mereka tampil di rangking teratas pada acara “Service Award Night” pada 10 Desember 2012??

Di tengah-tengah pemberian penghargaan kepada pemenang, saya sempatkan meraih mike dan meminta hadirin untuk memberikan penghargaan berupa tepuk tangan paling meriah untuk tim Myrna dan Imel, karena walaupun tidak menduduki rangking teratas, namun perilaku dan semangat positif mereka telah melambungkan mereka dari rangking 48 di periode evaluasi pertama, ke rangking no. 5 pada evaluasi terakhir ini. Foto bersama Imel (baju hitam), usai  acara “Service Award Night”, dan foto insert Imel bersama Mryna dengan senyum penuh kemenangan.

 

Dan ketika saya mengirimkan nota congratulation:

Dear Imel dan Myrna dan teman2 di Graha Aktiva,

Congratulation untuk progress yang fantastis: melompat dari ranking 48 ke ranking 5. Kalian telah membuktikan bahwa berada di urutan terbawah di awal tahun ini, tidak membuat patah semangat, tapi sebaliknya memacu semangat untuk bangkit dan mengejar ketinggalan. Dan kalian berhasil !! Tinggal selangkah lagi kalian berada di urutan atas.

Sekali lagi SELAMAT dan terus meraih sukses!! Salam – Joseph Bataona

Myrna pun dengan sigap merespon:

Pagi Pak Joseph,

Motivasi Bapak di acara malam itu dan cerita Bapak di blog  Bapak yg memacu kami utk membuktikan bahwa kami bisa bangkit.

Terima kasih Pak Joseph.

Best Regards – MYRNA S

Sementara itu, cabang di mana saya menjadi mentornya, juga meraih prestasi gemilang melompat dari ranking 56 ke ranking 10. Maka beralasan, kalau Rosariani, melalui twitternya berkicau:

@aiemono: Many thanks to Mr. @Josefbataona.. sudah mengantar Cab Gub Suryo dari rank 56 ke rank 10..next will be no. 1

A wise person once said, “Your attitude determines your altitude. Your thoughts, feelings, values and actions can determine how well you do in following your path and reaching your goals.”

Bookmark and Share

8 Responses to Choose Your Attitude: Perilaku Positif yang Patut Dicontoh

  1. zarnelis kotto says:

    Selamat pg pak josef,
    Membaca tulisan bapak pagi ini, mengingatkan saya pada malam dmana saya n myrna maju ke podium utk bukan sbh phargaan tp menampilkan sbh kekalahan dan rasa malu, tp semua rasa malu sy malam iru berubah mjs sbh kebesaran hati atas sbh kekalahan yg kami emban saat itu, bgitu bapak josef maju le podium mendampingi kami, kami merasa mdpt sbh energi positif yg besar utk meraih kemenangan ditambah semangat yg luar biasa de team kami di luar podium.,

    Terimakasih pak josef atas motivasinya slm ini, terima kasih team graha aktiva yg mpunyai semangat yg luar biasa hebat n kekompakan antar bagian yg hebat.,., kalian layak mjadi pemenang dan teruslah meraih kemenangan teratas, krn tdk ada mimpi yg teraih tanpa berusaha keras , berfikid posirif dan bertundak positif,,

    • josef josef says:

      Terima kasih Imel atas tanggapan positif atas kisah ini. Saya memang kagum atas cepatnya kalian bangkit kembali, membangun motivasi tim dan memperkuat tekad untuk meraih sukses. Dan kalian memang berhasil membuktikan bahwa kalian BISA. Semoga motivasi ini terus dipupuk untuk meraih hasil gemilang pada periode berikutnya. Dan jangan lupa sharing hasil itu kepada saya. Sekali lagi Congratulation dan terima kasih. Salam

  2. Okki Anugrah Putra says:

    waah..sangat inspiratif sekali 🙂
    Passion saya terhadap ilmu HRD juga semakin besar pak 😀

  3. saharuddin ridwan says:

    dear pak joseph

    apa kabar nich pak. semoga bapak bersama keluarga dan jajaran di bank danamon sehat selalu dan dalam lindungan TYME. Amin. membaca blog bapak, sy banyak terinspirasi. bahkan penghargaan bapak meski hanya lewat pesan singkat seperti cerita bapak di atas, pernah saya rasakan juga. Bahkan saya sampai sekarang masih menyimpan sms bapak pada tgl 23 april 2011 lalu bunyinya seperti ini: “Dear Sahar, Terima kasih pesan lingkungannya. Saya percaya dengan komitmen pribadimu dan semangat masyarkat makassar, kalian pasti berhasil. Salam – Joseph. Saya sempat kehilangan kontak bapak, tapi setelah bapak sms saya pada tgl 25 Juli 2012 lalu, saya sangat bersyukur, bisa kembali berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan bpk lagi. Semoga jalinan kerjasama yang pernah terjalin dengan baik, bisa berlanjut di tempat baru bapak sekarang. Kami seluruh pengurus Yayasan peduli negeri mengucapkan slamat dan semoga bapak selalu diberkati TYME. AMIN.

    • josef josef says:

      Terima kasih Sahar, saya juga gembira bahwa kita bisa terhubung lagi. Keep in touch, semoga kita bisa jumpah untuk saling berbagi kisah masing2. Terima kasih juga telah mengunjungi dan menyimak blog ini. Salam untuk teman2 di Yayasan

  4. Your attitude determines your altitude ==> SETUJU SEKALI pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET
  • A New Horizon Beyond Corporate Life