Hari Esok yang Lebih Baik

Posted on February 13th, 2015

“Jumping at several small opportunities may get us there more quickly than waiting for one big one to come along.” (Hugh Allen)

HARI ESOK sama dengan masih ada kesempatan. Kesempatan untuk memperbaiki kesalahan, kesempatan untuk meraih cita-cita, kesempatan untuk mengukir sukses lain atau sukses yang lebih besar lagi. Tapi yang paling penting adalah masih ada kesempatan untuk ambil bagian dalam memperbaiki dunia ini.

Berbagi Cerita Sambil Belajar

Siang itu suasana cukup cerah. Tamu yang datang ke rumahku, sudah banyak dikenal di media sosial dan kalangan muda Human Resource, terutama karena blognya yang menyajikan bahan Presentasi Memukau, Muhammad Noer. Kami memang ingin berbagi cerita setelah cukup lama tidak bertemu karena penugasannya di Singapore.

Saya share pengalaman memulai dan menekuni social media untuk berbagi ilmu dan pengetahuan saya, termasuk berbagi di forum publik. Juga tentang bagaimana saya memanfaatkan waktu untuk berbagai tulisan, sampai akhirnya tersaji dalam buku yang barusan diluncurkan: “Kisah Rp. 10.000 yang Mengubah Hidupku

Sementara itu dari Noer, saya berkesempatan untuk belajar beberapa hal, antara lain:

  • Bagaimana memaksimalkan potensi blog untuk berbagi kepada lebih banyak lagi anggota masyarakat.
  • Alternatif penyajian di blog, baik menyangkut content maupun tampilan.
  • Bagaimana melakukan engagement dengan para pengunjung rutin di blog.
  • Saya juga belajar bagaimana memberikan sentuhan akhir secara memukau pada materi presentasi yang juga sudah menarik.

Kami bertemu, kami saling berbagi dan kami saling belajar to become “Better Person Everyday”. Dan ini kami lakukan karena kami menyadari bahwa setiap orang diciptakan unik, lengkap dengan talentanya untuk bisa meraih sukses. Tinggal bagaimana dia mengenali dirinya, mengenali potensinya, mengenali passion-nya. Tidak kalah pentingnya adalah bagaimana membuka diri untuk terus belajar dari orang lain.

Josef Bataona dan Muhammad Noer

Demi Hari Esok yang Lebih Baik

Dari segi umur dan tahun masa kerja, Noer bisa jadi lebih junior dari saya. Tapi dari segi pengetahuan dan pengalaman, saya tidak segan-segan untuk mengacungkan jempol untuk Noer, bahkan siap untuk belajar dari dia. Itu yang terjadi Sabtu lalu.

Bukan pula kebetulan, di latar belakang ada sebuah lukisan kreasi Laksmi Tobing dan team, yang berjudul: “JOS and The Living Legacy”, sebuah lukisan yang akan terus mengingatkan saya untuk menjawabi pertanyaan: “Kebaikan apa yang akan diwariskan di kemudian hari?

Simak juga posting terdahulu: “Kisah Pohon Jos and Living Legacy” di SINI.

Dan Noer pun mengakuinya di FB yang saya petik di bawah ini:

Sabtu sore ngobrol santai bersama Pak Josef Bataona yang baru meluncurkan buku inspiratif #Kisah10000 Yang Mengubah Hidupku

Saling bercerita banyak hal mulai dari ketekunan dalam menulis, mengambil pelajaran dari kejadian di sekeliling kita sampai trik rahasia membuat slide presentasi yang memukau.

Terima kasih Pak Jos untuk persahabatan dan diskusi yang hangat sore ini.

Postingan itu langsung ditanggapi Depi Mulya: “Waah, saya kepingin banget bisa ketemu Pak Jos dan Mas Noer untuk diskusi ilmu-ilmu tentang HR kekinian”

Dan kami pun bertukar cinderamata berupa buku: “Speed Reading for Beginners, Presentasi Memukau” untuk saya dan untuk Noer buku yang baru saya luncurkan: “Kisah Rp. 10.000 yang Mengubah Hidupku”

Sore itu kami memang berpamitan, tapi yang tetap kami simpan dalam hati adalah semangat untuk saling berbagi dan belajar. Mudah-mudahan ini merupakan kontribusi kami berdua untuk generasi yang sedang belajar, sedang dalam perjalanan merintis karier untuk meraih sukses, demi hari esok yang lebih baik.

“Anyone who stops learning is old, whether at twenty or eighty. Anyone who keeps learning stays young. The greatest thing in life is to keep your mind young.” (Henry Ford)

Bookmark and Share

4 Responses to Hari Esok yang Lebih Baik

  1. Robert Affero says:

    Berbagi dan Belajar adalah hal kadang lupa bagi saya dikarenakan kesibukan sehari hari. Terima kasih Pak josef sudah mengingatkan pentingnya berbagi dan belajar untuk hari esok. Karena semakin banyak kita berbagi dan belajar maka semakin mudah bagi kita untuk mencapai hari esok yang di cita citakan. Salam kami sekeluarga untuk Pak Josef dan Keluarga.

  2. Dear Pak Josef,

    Senang sekali di Sabtu sore yang lalu kita akhirnya bisa duduk berbincang di rumah bapak yang asri. Terus terang saya belajar banyak dari bapak yang mampu mengangkat hal-hal kecil di sekitar kita menjadi pembelajaran yang berharga. Mudah-mudahan hasil diskusi Sabtu yang lalu akan bisa membawa manfaat yang banyak buat kita bersama ya Pak.

    Sekali lagi selamat dan sukses untuk peluncuran buku barunya.

    • josef josef says:

      Terima kasih Noer. Diskusinya sangat bermanfaat, tukar pikiran seperti itu hendaknya sering kita lakukan, dan bisa kita ajak yang lain juga untuk ikut serta. Dan tentu saja manfaatnya dirasakan dan untuk kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Most welcome coach Wiwin, Be ready for our next exciting project. Thank you for your meaningful contribution.

Herry Windawaty:
Always Inpiring Coach JB. Thank you for the opportunity for us to contribute

josef:
Terima kasih sama2 Helda, saya tak mungkin jalan sendiri tanpa Helda dan teman2 lainnya. Perjalanan kita bisa...

helda Manuhutu:
trully…and really proud pernah ada dlm journey itu di bawah asuhan bapak…dan bs...

josef:
Terima kasih Suster untuk menggaris-bawahi pentingnya memaknai hidup dari hati. Angka lima itu adalah kelima...


Recent Post

  • Buku “LEADER as MEANING MAKER” oleh Josef Bataona
  • Coaching and Inner Guidance
  • Kejutan Yang Menyenangkan
  • Kecerdasan Para Humoris
  • Caring and Engagement
  • Sehat Jiwa dan Raga
  • Mendengarkan Dengan Hati
  • Happy Together at Home: Virtual Hi-Tea
  • Positive Leadership
  • Kami Belajar WE-MINDSET