Valuable Leader Multiplicator

Posted on November 23rd, 2018

“As a leader, it’s your job to get your people excited about what their work will accomplish; it’s a natural motivator.” (John C. Maxwell)

LAKUKAN APA YANG HARUS KITA LAKUKAN, dan biar TUHAN memberikan KEMENANGAN dengan cara NYA. Pesan sederhana, singkat, bermakna dan mudah dicerna. Kalimat tersebut sekaligus untuk menyingkirkan berbagai hambatan mindset, bukan saja dalam membangun mimpi (besar) tapi juga dalam mengambil langkah demi meraih mimpi.

Banyak lagi kata-kata mutiara pemberi semangat yang digantungkan, ditulis atau ditempelkan di berbagai tempat yang mudah terlihat. Utamanya adalah untuk anak-anak SMA Selamat Pagi Indonesia, dan juga untuk penghuni Transformer Center lainnya. Dan tidak kalah pentingnya, pengunjung dan mereka yang hadir untuk belajar di sanapun mendapatkan manfaat dari berbagai tulisan tersebut.

Menjadi Valuable Leader

Ada sekitar 50 peserta dari berbagai perusahaan yang hadir di Transformer Center. Pemaparan utama di sana berkaitan dengan bagaimana leader menyikapi disruption sekitar kita. Berikut foto bersama seluruh peserta.

Di puncak struktur organisasi, hendaknya bertengger Valuable Leader Multiplicator. Perannya adalah memperbanyak Valuable Leader Maker, yang selanjutnya bertanggung jawab memperbanyak Valuable Leader. Mereka yang disebut terakhir ini memiliki panggilan professional mendevelop valuable team yang terdiri dari valuable person. Metode utama yang digunakan di sana adalah experiential learning.

Para lulusan SMA Selamat Pagi Indonesia, hasil polesan Ko Jul (panggilan akrab untuk Pak Julianto Eka Putra) dan timnya, telah berhasil pada tingkat Valuable Leader Maker. Foto berikut bersama sebagian tim Transformer Center.

Sebut saja Fany yang memimpin Divisi Restoran. Selain tugasnya mempersiapkan leader penggantinya, dia juga membangun team yang sangat kreatif untuk bisa menunjang bisnis resto.

Tim resto yang menyajikan makanan menyapa kami dan memperkenalkan menu khasnya:

“Ini rawon pak, silahkan dicoba!”

“Loh mana kuahnya?” tanya saya belum paham.

“Ini menu rawon kering pak, semua bumbu dan dagingnya komplit di sini, layaknya menu rawon.”

Penyajiannya pun di-personalise, bukan saja dengan nama peserta di sana, tapi juga tutup sendok dari kertas dengan tulisan memotivasi: Faith + Action = Miracle.

Dengan kreativitas seperti itu, divisi resto yang saat dimulai 2011 hanya menghasilkan bisnis Rp 98 juta, bisa mengakhiri 2017 dengan penghasilan Rp.900 juta, dan kata Fani, itu berkat Kemurahan Tuhan, di samping kerja keras seluruh timnya.

Belajar Tentang Kehidupan

Tidak berlebihan kalau salah seorang peserta program Bid Now – Light Up Your Company, bapak Canisius Soriton berkomentar: Saat ini saya merasa berada di laboratorium kehidupan. Saya mendengar, melihat, merasakan sendiri berbagai transformasi yang terjadi pada diri anak-anak SMA Selamat Pagi Indonesia. Juga dari testomoni berbagai kalangan yang pernah hadir di sini mengikuti berbagai program transformasi. Mereka datang dari berbagai lapisan masyarakat, dari berbagai industri, dari karyawan sampai ke level direktur/presiden direktur. Mereka pernah hadir di sini baik untuk transformasi diri menjadi Valuable Person tapi juga transformasi untuk menjadi Valuable Leader atau Valuable Team.

Foto bersama Coach Rina, Pak Julianto dan Coach Canisius.

Melalui postingan IG MIC Transformer, masih ditemukan komentar peserta berikut ini:

“This is a great and best event I ever joined. This inspires me lots to be better and fight for dreaming purpose.” (Adi Firdaus, HR Manager PT Trakindo Utama)

“Amazing, Ini sudah kehadiran saya ke-3 kalinya di MIC dan Transformer Center, tapi tetap merasa kagum dengan pencapaian adik-adik di Selamat Pagi Indonesia. Materinya bagus, semoga saya bertransformasi menjadi more valuable person.” (Henny Suaida, Head of HCD PT Amerta Indah Otsuka)

Masih banyak lagi testimony yang disajikan di dinding, sebut saja di antaranya:

“Outstanding Result.. PT Kalbe Group telah mengirimkan lebih dari 2.000 orang timnya untuk mengikuti program Valuable Person dan Valuable Leader.” (Irawati Setiady, Presiden Komisaris PT Kalbe Farma, Tbk)

Berikut foto bersama istriku, Rifdalena dan Pak Julianto.

Demikian beberapa komentar yang memberikan flavor pada berbagai program di Transformer Center, Batu – Malang, Jawa Timur. Tapi group yang saya ceritakan di atas hadir di sana untuk apa saja? Simak tulisan di posting berikutnya lagi di Selasa depan.

“Creative leaders inherently know when rules need to be challenged, and they can see when a more flexible approach should be taken.” (John C. Maxwell)

  1. Instagram: https://www.instagram.com/josefbataona
  2. Twitter: https://www.twitter.com/josefbataona
  3. LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/josefbataona
  4. Facebook: https://www.facebook.com/josbataona

Bookmark and Share

4 Responses to Valuable Leader Multiplicator

  1. Ratih says:

    “Asalkan kita mau berdoa dan berusaha, maka tidak ada yang tidak mungkin”.. Kesan ini merupakan salah satu pembelajaran yang saya ambil setelah kunjungan ke SMA Selamat Pagi Indonesia awal tahun ini. Adik-adik di SMA ini memang sangat luar biasa, tidak hanya belajar teori tapi langsung mengaplikasikannya ke dalam bisnis yang nyata. Keren !!

    • josef josef says:

      Terima kasih Ratih, pembelajaran itu akan maksimal kalau kita mau mengosongkan pikiran kita untuk menyerap ilmu baru, tanpa merasa sudah tahu banyak. Salam sukses selalu

  2. Indri says:

    Transformer Center selalu menginspirasi bahwa setiap manusia dikaruniai keberkahan tak terhingga utk dpt merealisasikan tujuan hidupnya.
    Terima kasih sharingnya pak Josef

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 bu Nuniek, semangat belajarmu penuh disiplin, dengan rajin membuat rekap setiap hari di FB...

Nuniek Tirta:
Saya sangat beruntung mengikuti kelas ini dan terlebih lagi beruntung karena sekelas dengan Pak Josef....

josef:
Terima kasih sama2 Faiz, semoga bermanfaat dan sukses selalu. Salam

Faiz:
Terima kasih bapak josef atas sharing ilmunya disruption technology memang perbincangan menarik baik dalam...

josef:
Terima kasih Indri, Tim mereka selalu menginspirasi untuk siapa saja yang berkunjung kesana. Salam


Recent Post

  • Self Empowerment
  • Forum Network dan Saling Belajar
  • Harapan Akan Kesempatan Baru
  • Blessing in Disruption
  • Valuable Leader Multiplicator
  • Pemimpin Berkarakter Positif
  • Dampak Kata-Kata Positif
  • Enneagram: A Journey of Self-Enlightenment
  • Agar Lulus Meredam Ego
  • Menginspirasi dengan Perilaku Positif