Saling Menyemangati

Posted on February 23rd, 2024

“Communication is not only the essence of being human, but also a vital property of life.” (John A)

MOVE MORE merupakan inisiatif yang kami luncurkan di perusahaan saat masih aktif demi mendorong masing-masing kita untuk lebih banyak bergerak. Bila sudah cukup lama duduk, berdiri lalu jalan entah ke pantry atau ke toilet atau sekedar berdiri di samping meja kerja dan melakukan gerakan stretching ringan. Lebih jauh lagi, memang ada inisiatif untuk mendorong kegiatan olahraga, entah lari/jalan bersama atau latihan-latihan lain di gym. Sejauh pengamatan kami, ada yang merasakan manfaatnya dan melanjutkan kegiatan itu tanpa harus didorong, tapi ada juga yang tidak meneruskan dengan berbagai alasan yang nampaknya masuk akal.

Membahasakan Secara Tepat

Di berbagai forum, sengaja saya menyelipkan pesan untuk rutin berolahraga agar kesehatan terjaga. Pesan paling banyak yang saya berikan adalah:

“Jagalah kesehatanmu agar saat anda pensiun, perusahaan dapat menyerahkanmu kembali ke keluarga dalam keadaan sehat walafiat.”

Bersamaan dengan itu, saya juga memberikan beberapa tips untuk meluangkan waktu agar bisa berolah-raga. Atau lain kali memberikan contoh-contoh olahraga ringan yang bisa dilakukan dimana saja saat sempat. Saya sendiri mengajak istriku untuk bersama memulai hari dengan berjalan kami keliling kompleks. Dan ini demi menjaga disiplin dan saling mengingatkan serta saling memotivasi.

 

Moving Away from atau Moving Towards

Suatu ketika saya membaca pengalaman seorang sahabat mengikuti training tentang komunikasi yang efektif. Disana mereka juga membahas tentang bagaimana membahasakan pesan atau nasihat sesuai dengan pribadi yang kita hadapi. Sayapun mulai menyimak berbagai pesan atau nasihat yang saya berikan selama ini agar teman-teman bisa rutin olah-raga sehat. Saya membaginya dalam dua bagian:

  1. Pesan bernuansa Moving AWAY from:
  • Bila tidak melakukukan olahraga rutin maka berpotensi fisik lemah, mental juga bisa terganggu.
  • Karena berbagai otot tidak terlatih maka dampaknya bisa pada seluruh system yang ada di tubuh kita.
  • Bila terus merokok seperti ini, maka bisa mengganggu paru-paru atau bahkan juga mengganggu orang lain yang ada disekitarmu. Ini dilengkapi juga dengan data.
  • Ada juga teman yang begitu mengunjungi keluarganya di rumah sakit, penderita paru-paru dan melihat cukup banyak yang menderita dan akhirnya memutuskan langsung untuk berhenti merokok.

Orang orang yang memilih  program Moving Away akan cenderung termotivasi karena mereka menginginkan terhindar dari Pain, seperti contoh diatas.

2. Pesan dengan fokus pada Moving TOWARDS

  • Bayangkan lima atau 10 tahun mendatang, saat anda mungkin sudah menduduki posisi kunci di Perusahaan dengan kesibukan luar biasa, maka kesehatan fisikmu akan sangat menunjang kinerjamu
  • Saat anda pensiun nanti, merupakan kebahagian tersendiri kalau bisa hadir di tengah keluarga dalam keadaan sehat walafiat.
  • Dengan rutin berolah raga sehingga tubuh tetap sehat, mudah-mudahan bisa aktif dan berkarya setelah usia pensiun normal.
  • Cita-citanya untuk menikmati perjalanan bersama keluarga ke berbagai negara yang belum dikunjungi. Tentu dibutuhkan tubuh yang sehat. Olahraga rutin dari sekarang bisa menunjang cita-cita tersebut.
  • Lihat contoh executive itu,masih giat berkarya dan juga rutin olah-raga. Kebiasaan olahrga tersebut dibangun sejak muda setelah menyadari pentingnya olahraga bagi kehidupan di masa mendatang.

Dalam membahasakan pesan tentang pentingnya olah raga sehat, ada yang juga memerlukan kombinasi keduanya. Tentu saja sambil memperhatikan bahwa pesan dengan menakuti atau memberikan contoh dampak negatif tidak selalu efektif. Saya sendiri lebih suka fokus pada menyampaikan dampak positif.

Jadi Role Model

Sebagai leader saya percaya bahwa contoh dari perbuatan nyata lebih powerful daripada sekedar kata-kata. Tapi dalam perjalanan hidup ini, saya juga menyadari bahwa seringkali kita perlu membuat narasi yang tepat untuk meyakinkan orang lain agar bisa mencontoh perbuatan yang kita lakukan. Kalau perlu kita menggunakan orang lain lagi untuk keperluan itu. Atau memberikan contoh lebih banyak lagi

Usaha seperti ini memang tidak membuahkan hasil dalam semalam. Karena itu dibutuhkan upaya berkelanjutan, dengan memperhatikan pendekatan-pendekatan yang lebih sesuai. Bila melihat ada langkah kongkrit yang dilakukan, jangan lupa memberikan apresiasi, sambil memberikan semangat untuk melanjutkan langkah tersebut. Lakukan ini dengan penuh ketulusan, kesabaran sampai bisa meraih hasil.

“Deep listening is miraculous for both listener and speaker. When someone receives us with open- hearted, non-judging, intensely interested listening, our spirits expand.” (Sue Patton Thoele)

Bookmark and Share

4 Responses to Saling Menyemangati

  1. Sofia says:

    Thank you sharingnya pak Josef. Selalu menginspirasi.
    Saya juga.. pengen bersama anak anak dengan sehat lebih lama..
    Tapi saya bukan tim yg lari ya pak.. saya mah jalanin aja… hehhe

    • josef josef says:

      Terima kasih mba Sofia, apapun yang dimulai, yang penting banyak gerak sepanjang hari. Selamat mengayun langkah dengan disiplin.

  2. Ari Handojo says:

    Luar Biasa Pak Josep, Terima kasih untuk inspirasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Semangat pagi Santi, terima kasih untuk terus menyimak tulisan di blog ini. Semoga bermanfaat, terutama dalam...

Santi Sumiyati:
Selamat pagi Pak Josef. Membaca tulisan Bapak seperti “me-recharge daya” pikiran dan...

josef:
Terima kasih Reinaldo. Saran sederhana sudah dicantumkan dalam komenmu: leader yang mau paham situasi, minta...

Vicario Reinaldo:
Terima kasih untuk sharingnya Pak Josef. Resonate sekali dengan saya yang sering membantu para...

josef:
Terima kasih catatannya mas Anton, setuju harus pandai membawa diri, dalam membangun trust dan respect dari...


Recent Post

  • Mindset Sehat Penuh Syukur
  • Memasuki Lingkungan Baru
  • Menyikapi Teknologi Secara Bijak
  • Sejuta Senyum PEACE HR Society
  • Saling Menyemangati
  • Generosity of Spirit
  • Ciptakan Pengalaman Bermakna
  • Apa Yang Engkau Cari?
  • Asyiknya Belajar Bersama
  • Komitmen Perusahaan akan Peran Ibu