Pengembangan Diri Berkelanjutan

Posted on April 6th, 2018

“Personal development is a major time-saver. The better you become, the less time it takes you to achieve your goals.” (Brian Tracy)

KEMAUAN BELAJAR. Mungkin itu yang melatar-belakangi semangat tinggi, dengan wajah yang memancarkan sukacita. Padahal saat itu sudah 18:30, mereka tiba di kampus Atma Jaya, setelah melewati kepadatan lalu-lintas yang membutuhkan kesabaran tinggi untuk melewatinya.

Kemauan belajar 57 peserta Program Certified Human Resources Professionals (CHRP) batch 42 patut diacungkan jempol. Mereka sadar bahwa selagi masih muda, kesempatan untuk belajar yang tersedia harus dimanfaatkan. Karena dikemudian hari, waktu mereka bisa saja tersita untuk urgensi lainnya yang perlu fokus, entah di bidang profesi mereka, di tengah keluarga ataupun masyarakat.

6 April 18_Pengembangan Diri Berkelanjutan1

Proaktif

Saat ini di tengah masyarakat, banyak kelompok sedang menyelenggarakan forum diskusi, demi memberikan masukan kepada Pemerintah untuk mempersiapkan dunia pendidikan dalam rangka menunjang ambisi 2019 sebagai Tahun Human Capital. Semua masukan adalah hasil diskusi yang melibatkan pakar di bidang masing-masing.

Namun untuk pelaksanaan tugas sehari-hari, tidak mungkin kita menunggu hasil dari masukan tersebut. Secara proaktif kita akan mengambil berbagai langkah untuk mengatasi berbagai kesulitan karena kesenjangan saat ini atau di masa mendatang.

Salah satunya adalah dengan terus mengembangkan program sertifikasi, termasuk untuk para praktisi Human Resources. Dan para peserta CHRP ini juga sadar bahwa tanggung jawab pengembangan diri ada di tangan masing-masingnya.

Foto bersama yang beruntung mendapatkan Buku Kisah Rp 10.000 yang Mengubah Hidupku dan Buku #CurhatStaf: Seni Mendengarkan bagi Para Pemimpin.

6 April 18_Pengembangan Diri Berkelanjutan2

Menyebar Inspirasi

Di atas permukaan, saya memang sedang berbagi pengalaman, mengangkat berbagai praktek yang dilakukan. Hal ini dilakukan untuk memperkaya peserta, setelah berbagai konsep yang mereka dapatkan dari berbagai buku atau sumber lainnya. Dan ini merupakan kekuatan dari program CHRP Atma Jaya ini: selain konsep, para praktisi dilibatkan untuk memberikan gambaran tentang implementasi, termasuk berbagai tantangan dalam mengimplementasi.

Kalau dicermati lebih jauh, peran kami adalah untuk menginspirasi para praktisi muda untuk mencintai pekerjaannya di bidang Human Resources, menciptakan excitement dalam bekerja, agar mereka pun bisa membuat teman-teman lain di organisasi itu excited. Dan yang lebih menyenangkan lagi, adalah kalau ada di antara mereka yang ingin menginspirasi teman-teman lain lagi, bersumber dari buku yang diterima Yessie Fransiska. Berikut tulisan Yessie di laman FBnya.

??????????

Kalau Yessie mau membagi langsung inspirasinya, sebelum ini kawan Yessie yang bekerja di Medan, pernah membuat arisan dengan nama: Arisan Inspirasi. Simak postingan di blog ini, 13 Maret 2015 melalui link ini.

Di kantor itu mereka bergiliran membaca bab demi bab dari Buku Kisah Rp 10.000 Yang Mengubah Hidupku, sesuai pilihan masing-masing, kemudian diceritakan kembali dalam pertemuan mingguan.

Gelombang Sukacita Terus Meluas

Banyak yang sibuk dengan update status masing-masing. Sengaja saya pilihkan di bawah ini tiga yang menurut saya mengangkat aspek penting dari sesi hari itu.

Kawan ini tentu punya daya kreasi cukup tinggi. Pesan yang disampaikan juga dengan cara yang unik, membuat saya senyum pagi-pagi karena pesan ini…. Mindset positif tentang belajar mengalahkan segala yang menghambat.

6 April 18_Pengembangan Diri Berkelanjutan4

Sementara itu, Hasan Basri menulis: Hari ini penuh semangat dapat inspirasi baru tentang leader…. Ternyata ada yang baru dan bisa dipelajari karena dia mau hadir di sesi ini untuk belajar.

Dan sahabat lain lagi, … dengan kejeliannya menangkap cerita tentang coaching.. dan puncaknya bertanya bagaimana untuk bisa mendapat kesempatan untuk dicoach… setelah kalimat pendahuluan yang cukup panjang…. gaya diplomasi tingkat dewa …. Tapi saya menangkap permintaan ini dengan gembira, karena ada ketulusan di balik permintaan itu. Jawabanku OK.

Kata orang bijak, investasi yang sangat penting dalam kehidupan ini, termasuk untuk pengembangan diri. Dan ini yang membedakan mereka yang sukses dan kelompok lainnya.

“Growth is the great separator between those who succeed and those who do not. When I see a person beginning to separate themselves from the pack, it’s almost always due to personal growth.” (John C. Maxwell)

Selain hadir di blog: https://www.josefbataona.com/

Saya juga bisa ditemui di:

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih Sutjipto untuk menggarisbawahi pentingnya menjaga kesehatan. Biasanya kita menyadari pentingnya...

josef:
Terima kasih Sutjipto, semua itu perlu prsiapan, termasuk persiapan mental untuk memasuki dunia yang boleh...

josef:
Terima kasih Koekoeh, inilah maknanya berbagi siapa tahu ada yang bisa dimanfaatkan oleh teman lainnya. Yang...

Sutjipto Budiman:
Sangat setuju, kalau kita tidak sehat bagaimana mau produktif. Kalau pun sudah punya uang, uang itu...

Sutjipto Budiman:
Selamat menjalani kehidupan baru Pak. Sangat berkesan dan memberi pelajaran bahwa Bapak...


Recent Post

  • Tak Selamanya Mendung Itu Kelabu
  • Setelah Baju Itu Kutanggalkan
  • KESEHATAN: Harta Tak Ternilai
  • Perhatian Kecil Berdampak Besar
  • Kesan Positif Yang Ditinggalkan
  • Bahagia di Tengah Harmoni
  • Keberagaman Talent Ciptakan Sukses
  • Tetangga Lapar Tanggung Jawab Kita
  • Bangga dengan Pekerjaanku
  • Saatnya Mengisi Baterei