Dampak Positif bagi Sesama

Posted on March 26th, 2019

The ear of the leader must ring with the voices of the people.” (Woodrow Wilson)

KEJAR AURORA, Kejar cita-citamu! Terpanggil oleh kondisi Pendidikan yang belum juga bisa memberikan peluang anak-anak untuk berpikir kreatif, berani bertanya dan berbeda pendapat, Puji Prabowo menginisiasi sebuah proyek untuk menciptakan kurikulum kreatif yang mulai diuji coba di sebuah desa di Bandung. Inisiatif ini merupakan bagian dari program Jalan Pemimpin yang dimotori oleh pak Handri Satriago, dimana saya berkesempatan menjadi coach untuk Puji dan Tim. Proyek itu diberi nama Kejar Aurora. Simak dua link berikut:

https://www.josefbataona.com/inspirasi/menggugah-imajinasi-anak-anak/

https://www.josefbataona.com/leadership-2/pemimpin-yang-pandai-bertanya/

Berikut foto Patung Nyoman Nuarta dengan judul: DOA.  yang terdapat di halaman depan NuArts Sculpture Park Bandung.

Merangkul Milenial

Tidak berhenti disitu saja, melalui AuroraMiniStudio, Puji mencoba merangkul milenials dengan merancang program dengan menghadirkan praktisi. Di lokasi yang tidak kalah menariknya, NuArts Sculpture Park Bandung, saya berkesempatan untuk menyapa mereka, berbagi pengalaman serta diskusi ringan seputar Leadership dan dampak positifnya bagi sekitarnya, baik itu bagi karyawannya ataupun lingkungan di luar. Berikut foto bersama peserta.

Story Telling

Saya memang menampilkan beberapa slide. Tapi saya sendiri percaya, bahwa story telling merupakan tool yang sangat powerful, apalagi yang saya ceritakan adalah pengalaman nyata dalam kehidupanku atau perjalanan karierku, atau apa yang sudah saya implementasikan, dengan berbagai contoh nyata. Karena itu komen peserta berikut sangat saya apresiasi:

Seru, banyak insight yang didapat terutama kasus – kasus yang dikasih sama bisnis-bisnis yang ada sekarang, mulai dari perbedaan umur sama kasus-kasus yang ada, terus pertanyaan-pertanyaannya yang diajukan moderator sangat menarik, dapat buku juga, makanannya enak. (Levina dari Cihanjuang Inti Teknik)

Hari ini saya mengikuti workshop yang luar biasa bersama Pak Josef dan Pak Puji. Disini saya bisa belajar bagaimana kita memberikan makna kepada orang lain dalam setiap perjalanan hidup kita ini. Bermanfaat sekali bagi saya sebagai karyawan di sebuah perusahaan bagaimana kita bisa jadi leader yang baik, bagaimana kita bisa menjadi inspirasi bagi orang lain dan tentunya ini memberi makna juga bagi diri saya dan kehidupan saya pribadi. Hari ini yang didapat adalah bagaimana kita bisa terus memberikan nilai dalam setiap langkah kehidupan kita untuk menjadi lebih baik. Dan workshop ini keren banget, rekomen banget. (Tika)

Berikut foto suasana di Dome NuArts Sculpture Park, dimana peserta tetap melihat indahnya alam sekitarnya.

Karyawan kita adalah juga Manusia

Seringkali kita terlalu terpaku pada kepangkatan, jabatan, title, dan lain-lain, sehingga orang lain akan kita kotak-kotakan pada tingkat yang berbeda-beda. Tapi sayangnya perbedaan seperti itu dibuat seperti kasta-kasta, yang menciptakan arogansi seorang pemimpin, yang melihat karyawannya lebih rendah dari dirinya. Simak feed-back berikut ini:

Kata Coach Vivi Rahmi dari Alifa Kids: Alhamdulillah, yang aku dapetkan bersama tim juga kesempatan belajar dari aurora serta belajar dengan coach Josef. Ilmu bagi kami yang banyak mengelola orang:

  • Bahwa butuh ketulusan hati dalam people development itu kayanya sudah harga mati,
  • Bahwa banyak persoalan terkait people development, sehingga yang menjadi kata kunci adalah  seluas apa hati  dan pemikiran yang di sediakan untuk terus memajukan sember daya manusia yang ada di setiap institusi.
  • Selaku local company kitalah yang paling bertanggung jawab membuat people yang ada di institusi ini tetap dikembangkan dengan sebaik-baik mungkin,
  • Yang perlu kita lakukan adalah memperkuat orang yang ada di institusi kita supaya dia menjadi orang yang tetep bisa bersaing walaupun nanti tidak lagi di institusi kita.

 

Berikut foto Bersama coach Vivi yang datang dengan timnya.

Fauziyyah Nurjannah dari UPI memberikan tanggapan: setelah saya mengikuti private workshop bersama Kang Puji dan Pak Josef ini sangat menarik terutama untuk ilmu-ilmu yang sebelumnya belum saya temui dan belum saya dapatkan. Untuk human resources sendiri itu hal yang baru untuk saya.

 

Saya Garry dari Old Bens Coffee Bandung. Ikut workshop ini saya puas. Soalnya, banyak belajar Human Resources, karena HR itu sangat penting banget buat kedepannya dan apa yang dijelasin tadi jelas banget, terinci, dan relevan sama yang terjadi jaman-jaman pada saat ini. Puas dan senang saya ikut acara ini.

Masih banyak lagi umpan balik positif yang kami dapatkan, yang tidak bisa kami cantumkan semuanya disini.

Tapi kami juga belajar sesuatu yang menarik dari Rieka, peserta Tuli yang datang dari Bontang. Mengapa dia lebih suka disebut Tuli daripada Tuna Rungu? Ikuti posting selanjutnya.

“To say that a person feels listened to means a lot more than just their ideas get heard. It’s a sign of respect. It makes people feel valued.” (Deborah Tannen)

Bookmark and Share

2 Responses to Dampak Positif bagi Sesama

  1. Tromol says:

    Inspiratif.

    Maaf pak Joseph, lama saya tidak kunjungi bilik ini.

    Salam inspiratif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih banyak mba Lisa, sebuah paparan yang menyentuh untuk semakin kita memahami betapa besar dampaknya...

Lisa Samadikun:
Bahagiaku adalah ketika masih bernapas. Karena selama masih bernapas, ku masih bisa berbagi. Dan...

josef:
Terima kasih Ratih, irama kerja bisa kita atur, tapi tetap berlandaskan pola pikir dan perilaku yang positif...

josef:
Terima kasih sama2 Ratih, berguna untuk kita semua yang sering lupa. Salam

Ratih Hapsari:
Nice article Pak, walaupun kita “dituntut” untuk selalu cepat dan cepat, tapi kita tidak...


Recent Post

  • Gaya Hidup di Era Percepatan
  • Simple Daily Human Tips
  • 3S: Say Stay and Strive
  • Ecosystem For Learning Agility
  • Guru Yang Tulus Melayani
  • Multi Dimensi Pengembangan SDM
  • Temukan Kebahagiaan Dalam Dirimu
  • Belajar Sejarah Bisa Menyenangkan
  • Warisan Sejarah Tak Ternilai
  • Etika Para Wisatawan