Cerita Menarik Seputar Kehidupan

Posted on January 25th, 2019

“Storytelling is the most powerful way to put ideas into the World today” (Richard Branson)

RAGAM PENGALAMAN dalam rentang usia yang berbeda. Ini yang kami bawa dalam pertemuan hari itu, saya dan istri saya dengan sahabat yang separoh usiaku. Sesungguhnya jumlah usia dan tahun bekerja tidak bisa dijadikan patokan untuk menghitung jam terbang, apalagi pengalaman yang dihadirkan adalah dengan spektrum yang berbeda. Itu yang saya yakini. Karena itu, pertemuan hari itu kami gunakan sebaik mungkin untuk saling belajar dari perjalanan hidup masing- masing. Dan ini sungguh bermanfaat.

Judul cerita

Ada dua blogger yang hadir saat itu, pemilik blog www.nuniek.com yang sudah hadir sejak 2002 dan pemilik blog www.josefbataona.com yang baru beredar akhir 2011. Karena itu saya menawarkan sebuah permainan kecil. Istri saya sebagai time keepernya. Dengan mengamati situasi seputar cafe dimana kami berada, kami harus menulis di wa masing2, apa judul artikel kalau situasi yang diamati tersebut akan kami tulis di blog masing2. Tulis sebanyak mungkin dalam dua menit, kemudian saling berbagi yang kami tulis kepada yang lainnya via wa.

Hasilnya, saya mendapatkan 8 judul, sementara mba Nuniek yang lebih muda dan gesit bisa menemukan 14 judul. Jadi secra kolektif ada 22 judul draft artikel sbb:

  1. Kerja keras karyawan
  2. Kesigapan
  3. Inisiatif
  4. Teamwork
  5. Musik
  6. Inspirator
  7. Buku
  8. Bacaan yang menginspirasi
  9. Senyum
  10. Keramahan
  11. Pelayanan
  12. Interior
  13. Konektivitas
  14. Cahaya
  15. Antusias belajar
  16. Santai sore
  17. Belajar bersama teman
  18. Service excellence
  19. Karyawan teladan
  20. Role model supervisor cafe
  21. Apakah chef perlu belajar HR
  22. Komunikasi ala kafe

Sudut Pandang yang beragam

Bila kita menyimak semua judul diatas, kita menemukan beberapa sudut pandang yang berbeda. Tapi ide untuk menulis judul diatas adalah:

  1. Secara spontan kita mencari ide2 tanpa harus memikirkan bagaimana mengisinya, bisa atau tidak bisa menulisnya, ada atau tidak datanya, menarik atau tidak, siapa calon pembaca dan lain-lain. Semua itu sebenarnya hanya filter imajiner yang sering menghambat kita dalam menulis
  2. Mengasah kepekaan kita tentang apa yang terjadi diseputar kita
  3. Sigap mencermati apa saja yang dihadirkan alam semesta di hadapan kita, yang bisa kita jadikan pembelajaran dalam hidup
  4. Contoh situasi di kafe, yang bisa menginspirasi untuk menghadirkan 22 judul tulisan dalam dua menit, bisa dikembangkan menjadi kebiasaan di lingkungan lain setiap hari.
  5. Lebih menarik lagi adalah sebagian elemen yang menarik perhatian kami adalah sisi Human, yang umumnya menarik untuk diangkat menjadi tulisan.
  6. Tulisan yang sedang anda baca, adalah kombinasi butir 8, 13, 15 dan 17

Tapi sekali lagi saya garis bawahi, saat menulis judul diatas, kami memang menghindari filter ataupun judgmenet, dan membiarkan semua mengalir dari pikiran dan hati kami masing-masing.

Berbagi itu indah

Perjalanan hidup ini akan menjadi indah karena kita membuatnya indah. Dan lebih indah lagi kalau kita mau berbagi, termasuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan inspirasi. Dan kata orang bijak, ilmu yang dibagi tidak akan pernah habis. Bahkan kata Stephen Covey, yang kita bagi sudah lebih diperkaya dibandingkan dengan yang kita peroleh awalnya, karena sudah di tambah dengan pengalaman sendiri lagi.

Saya sendiri belajar banyak dari mba Nuniek yang masih muda, tapi mempunyai semangat belajar tinggi, belajar dari siapa saja yang bisa menjadi sumber pengetahuan dan pengalaman, dan rutin untuk aktif berbagi melalui sosmednya, termasuk blog. Kehadiran istriku juga untuk memberikan peneguhan bahwa berbagai pengalaman hidup dan karierku, tidak lepas dari kontribusi penting seorang istri.

Bukan Kebetulan

Sambil menikmati kopi, obrolan mengalir leluasa, saling bertukar cerita diantara kami bertiga. Tanpa disadari kami sama-sama pernah berkenalan dengan Buku How to Stop Worrying and Start Living, oleh Dale Carnegie, dan menyukai isi buku tersebut. Buku itu hadir tepat disaat kami membutuhkannya.

Ada pula tokoh yang perperan penting mengompori saya dan mba Nuniek untuk menulis blog: Pa Nukman Luthfie. Bagaimana dengan cara santai penuh humor, beliau mengajari kami tentang social media, dan bagaimana seharusnya berperilaku yang santun di sosmed. Berikut ini foto bersama pa Nukman (kedua dari kiri), saat launching blog www.josefbataona.com pada tanggal 11 – 11 –  2011.

Beliau juga berkenan membubuhkan testimoninya di buku saya yang pertama, Kisah Rp 10.000 Yang Mengubah Hidupku, yang terbit di tahun 2015.

Ternyata yang kami obrolin adalah sebuah legacy beliau yang tak ternilai sebagai seorang guru, inspirator dan pegiat sosmed yang bertanggung-jawab. Tiga hari kemudian kami menerima berita, kalau pa Nukman telah pergi meninggalkan kita. Terima kasih sang guru, rekam jejakmu akan terus menginspirasi Indonesia.

“If you would not be forgotten as soon as you are dead, either write something worth reading or do something worth writing.” (Benjamin Franklin)

  1. Instagram: https://www.instagram.com/josefbataona
  2. Twitter: https://www.twitter.com/josefbataona
  3. LinkedIn: https://www.linkedin.com/in/josefbataona
  4. Facebook: https://www.facebook.com/josbataona

Bookmark and Share

2 Responses to Cerita Menarik Seputar Kehidupan

  1. Santi Sumiyati says:

    Sangat menginspirasi Pak Josef, jadi penasaran dengan buku Dale Carnegie yang bapak sudah baca. Terima kasih Pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 Nanang, You may think your light is small, but it can make a huge difference in other...

Nanang Chalid:
Thanks a lot Pak Josef for sharing about my blog. Baru amatiran ini Pak, mohon bimbingannya . Semoga...

josef:
Terima kasih Arya sudah menyimak Inspigo dan mengunjungi blog ini. Saya selalu hadirkan tulisan baru setiap...

Antonius Arya Pradana:
Halo Om Josef, gara-gara mendengar interview di Inspigo, saya malah baru tahu kalau om Josef...

josef:
Terima kasih Ratih, dukungan secara proaktif dari semua unsur dalam organisasi memang dibutuhkan. Namun perlu...


Recent Post

  • Welcome Blog of Insight
  • People First
  • Employee Experience
  • Fully Engaged Tapi Frustrasi
  • Wellness Program for Peaceful Mind
  • Cerita Menarik Seputar Kehidupan
  • Boss is (not) Always Right
  • Hari Istimewa
  • Akselerasi Pengembangan SDM Indonesia
  • Keragaman Penuh Rukun Dan Damai