Pilihan Penuh Tanggung-Jawab

Posted on January 13th, 2023

“No one else can ever make your choices for you. Your choices are yours alone. They are as much a part of you as every breath you will take, every moment of your life.” (Dr. Shad Helmstetter)

RAGAM rancang program disiapkan jelang akhir tahun. Banyak diantaranya, berusaha berkumpul dengan teman-teman untuk berbagi cerita menarik sepanjang tahun 2022, sekaligus mencari ide-ide untuk 2023. Baik itu berkaitan dengan pekerjaan, aktivitas diluar pekerjaan termasuk libur bersama. Komunitas PEACE HR sengaja merancang program unik, termasuk kesempatan menyimak buku FUN AT WORK untuk saling belajar.

Acara di Rumah yang Asri

Keluarga bu Ripy dan pa Kus sungguh berbaik hati untuk menjadikan rumahnya yang asri di Legenda Wisata zona Columbus untuk tempat pertemuan. Dan PEACE HR Society menyambut gembira sambil merancang program unik, mengundang anggota team dalam jumlah yang dibatasi max 20 orang untuk acara dengan kombinasi unik seperti nampak pada flier berikut ini.

Acara diawali dengan perkenalan tentang FitHappy yang dilanjutkan dengan olahraga PoundFit bersama.

Keseruhan berlanjut saat panggangan daging brisket dibuka chief chef Kusumo dan disajikan dengan berbagai makanan nikmat lainnya.

Dan nyonya rumah secara perlahan tapi pasti membawa kita ke puncak kenangan, saat mengajak kita untuk mencicipi duren bersama.

Membangun Pola Pikir Tentang Kehidupan

Kesempatan bagus untuk saya berbagi cerita dibalik terbitnya buku FUN AT WORK Seni Memberdayakan Coaching untuk Engagement Karyawn. Bagi yang sudah menyimak buku ini, tentu paham bahwa saya membuat inisiatif ini terinspirasi dari pasar ikan PIKE Place di Seatle Amerika Serikat, yang aktivitas kesehariannya dilandasi 4 falsafa utama, yang saya sebutkan Fish Philosophy:

  1. Choose your attitude
  2. Be there, be present
  3. Play
  4. Make their day

Dan semua ini saya peroleh melalui buku yang berjudul FISH, tulisan Stephen C. Lundin. PhD. Harry Paul and John Christensen. Karena itu, ka Peggy Putri sempat berkomentar:

Terima kasih sudah mengingatkan isi buku FISH Pak.

Sungguh buku itu merubah cara berpikir saya mengenai menjalankan kehidupan (bukan hanya pekerjaan).

Saya baca buku itu sekitar tahun 2008.

Semua ini hanya merupakan sarana, dengan tujuannya adalah membangun tim yang solid demi meningkatkan produktivitas kerja.

Anggota Tim Beragam

Kita memang membutuhkan tim dengan latarbelakang pengalaman dan pengetahuan yang berbeda-beda. Mereka juga manusia biasa yang termotivasi kalau dipercaya dan dihargai sebagai manusia. Saat dimintai pendapatnya tentang sesi ini, Clay M. Myers berkomentar:

Most important thing I learmed from yesterday is to discuss things. No one has all of the answers. Be willing to share and listen to input from the team. This will lead to better ideas and easier acceptance of decisions.

Sementara itu mba Peggy kembali berkomentar:

#4 make their day

Keseharian dalam bekerja bukan hanya soal mencapai target demi target, tapi menciptakan kebahagiaan team juga penting. 1 senyuman atau pujian bisa mengubahkan hati seseorang.

Happy team personnel will lead to high performance team.

Leaders berada pada posisi yang sangat menentukan dalam memfasilitasi agar anggota tim merasa nyaman untuk bersuara, bertanya atau memberikan masukan. Tim akan mencermati, apakah sang pemimpin tulus dalam mendengarkan dan menindak-lanjuti saran-saran mereka.

Senyum di pagi hari

Saya sengaja mengawali sesi dengan bertanya, apa yang membuatmu tersenyum di awal hari ini. Sederhana, tapi apakah kita pernah menyadari ini? Simak catatan ka Juliana Tompodung:

Yang membuat saya berpikir dan terkesan adalah saat Pak Jos bertanya sebutkan satu hal yg membuat anda tersenyum pagi ini – pertanyaan yang simple namun saya perlu waktu untuk mengingat peristiwa yang terjadi hari itu yang membuat saya tersenyum dan ketika bisa menemukan jawabannya dapat langsung merasakan peace at mind.

Saya jadi belajar ketika banyak turbulence terjadi dalam hidup dan dalam  pekerjaan maka untuk menetralisirnya saya hanya perlu melakukan hal yang simple yaitu mengingat apa yang membuat saya tersenyum di hari itu.

Sementara itu ka Sulung Respati dan Kendrick menggaris-bawahi kesan yang dibawah pulang rumah: Be Yourself, jadilah diri sendiri karena setiap manusia itu unik. Artinya bahwa kalau kita ingin menciptakan FUN di tempat Kerja, kita tidak bisa menyama-ratakan semua orang. Karena itu leader hendaknya luangkan banyak waktu untuk dialog, diskusi dengan team, kenali perbedaan atau keragaman anggota team, berikan ruang untuk mereka menyampaikan aspirasi mereka, memilih cara yang dirasakan paling pas untuk tim. Berikut foto bersama.

Insights dari Sesi dan Buku

Walau hanya diminta satu, ka Anita Kristiana memberikan pendapatnya dalam beberapa butir yang menurutnya paling berkesan:

  1. Nasehat pak Josef untuk apa yang perlu saya lakukan sebagai leader di tim dengan kekosongan leadership sebelumnya, saya merasa itu sangat mendalam, practical dan relevan buat saya, sangat bermanfaat dan bisa langsung saya cerna.
  2. Bahwa Trust and Respect harus dimulai dari kita duluan sebagai leader. Kita perlu putuskan untuk percaya, until they prove otherwise. Setuju dan saya makin terkuatkan karena bapak bilang ini, sekaligus jadi berefleksi ulang, have i done this well.
  3. Fun at work bisa dimulai dari kandidat (calon karyawan) a great idea. Saya mau pelan2 terapkan.

Tidak cukup dengan tiga butir tersebut, ka Anita melanjutkan dengan 3 catatan lagi:

  1. Btw pak saya sudah throw idea ke tim dan mereka menyambut baik, copas punya bapak, untuk memberikan spot parkir motor khusus bagi best employee of the month di cabang, hehe makasih ya pak Jos. To me you are very inspiring and a true leader with wisdom.
  2. Saya suka merenung dari hal2 sehari2, kadang nemu yang cocok untuk diterapkan jadi system HC.
  3. Membaca buku bapak itu beda, isinya bukan teori tapi pengalaman yang direfleksikan dan disarikan menjadi wisdom.

Membaca kembali semua komentar peserta, saya merasa belajar melihat dari sudut pandang peserta. Dan ini akan membuat saya menjadi better everyday. Terima kasih untuk sumbang pendapat teman-teman PEACE HR Society. Kita memang berjanji untuk saling belajar dengan memberikan dampak positif untuk pertumbuhan kita masing-masing.

“The choices we make every minute of every day can contribute to making someone’s life a little bit better or worse even without intending to.” (Chikamso Efobi)

Note: Buku FUN AT WORK dapat diperoleh lengkap dengan tanda-tangan penulis melalui link ini: https://bit.ly/3STN6mz

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Thank you coach Helda for your insightful comment. Setuju, let us become life long learner to become a better...

Helda Tan:
Love this article Pak Josef. Setuju sekali terhadap penekanan Coaching Mindset yg benar utk menjadi...

josef:
Thank you pa Heru for the opportunity to learn together. Appreciate also your time and effort to visit and...

Heru Hardoyo:
Thanks for your inspiring sharing Pak. Keep on inspiring and enlightening

josef:
Terima kasih pa Danang Arief sudah mengunjungi blog dan menyimak tulisan ini. Benar sekali perilaku anggota...


Recent Post

  • Berbagi Tips Menuju Puncak Karier
  • Menuju Coaching Maturity
  • Tumbuhkan Gairah Kerja
  • Pilihan Penuh Tanggung-Jawab
  • Kolaborasi dan TRUST
  • Development Dialogue
  • Invest in Your People
  • Cerita FUN di Awal Desember
  • Memimpin Dengan Hati
  • Ada Niatan Positif Dibalik Setiap Perilaku