Jejaring Dan Bangun Kebersamaan

Posted on September 20th, 2022

“In the tapestry of life, we’re all connected. Each one of us is a gift to those around us helping each other be who we are, weaving a perfect picture together.” (Anita Moorjani)

OPEN TRIP sekaligus juga membuka kesempatan untuk menjalin persahabatan dengan orang lain. Dan ini sering kami lakukan, terutama saat kami mengambil tour di luar negeri, kami memulainya dari sebuah kota, tempat berkumpul turis dari manca negara untuk tour tersebut. Seringkali yang dari Indonesia hanya keluarga kami. Kali ini kami baru mengetahui peserta lainnya setelah tiba di dalam kapal, Satu keluarga pa Elvian Kwok berempat dan tiga divers, orang Prancis, Malaysia dan Bali.

Kenyamanan Bersama

Tiga hari dua malam kami akan bersama dengan seluruh peserta. Rancang kapal sudah memungkinkan kebersamaan dibangun.

Ada tersedia ruang duduk di dalam untuk ngobrol sambil ngopi atau membaca. Ruangan ini cukup terlindung dari angin laut, tapi tetap terbuka sehingga udara segar masih bisa dinikmati di ruang ini.

Banyak cerita kehidupan yang bisa kita bagikan seputar meja makan. Setidaknya sehari ada kesempatan lebih dari tiga kali kami berkumpul disini untuk makan atau untuk snack.

 

Penambang Rezeki Pariwisata

Anak polos dari desa Bola, Maumere ini membangun mimpi untuk hidup sukses sejahtera seperti karyawan Pertamina. Dia melihat karyawan perusahaan tersebut yang berkantor dekat rumah orang tuanya, dan diapun mulai membangun cita-cita besar, kalau mau hidup sukses sejahtera seperti mereka, harus juga bersekolah seperti mereka. Tapi apa sekolahnya? Hanya atas dasar dugaan, setelah lulus SMA  dia mendaftar untuk kuliah Teknik Pertambangan, dan masuk tanpa tes di UPN Veteran Jogya. Di semester lima, dia sudah menyadari bahwa dia salah pilih jurusan. Namun dia terus menekuninya sampai lulus. Demi membantu orang tua membiayai dua adiknya, diapun melamar bekerja dan diterima sebagai Management Trainee di Freeport. Pria ini adalah pa Oyan Kristian, Pimpinan NTT_DMC (Destination Management Company). Kami sempat untuk saling bertukar cendera mata.

Membebaskan Diri

Bekerja di dunia pertambangan, dia merasa dunianya seakan terkungkung, walaupun dia menghabiskan 11 tahun kariernya disana. Karena itu dia mulai mempelajari peluang lain. Insinyur Pertambangan ini mulai melihat bahwa dia bisa menambang potensi wisata di NTT, terutama sejak wisata Komodo sedang ramai di tahun 2013. Dari sana dia melihat bahwa potensinya tidak sebatas Wisata di Komodo, tetapi seluruh NTT  dan bahkan sampai NTB dan Bali.

Diapun menjajagi berbagai event promosi, dan bahkan dia sempat keliling Eropa selama enam bulan untuk menghadiri Tourist Exhibition untuk memperomosikan pariwisata di NTT, mengunjungi lebih dari 10 negara, sambil membawa sendiri brosur promosi yang dicetak atas biaya sendiri. Buah sementara dari upaya tersebut adalah profit perusahaannya, NTT_DMC bisa lebih banyak dari gaji setahun bekerja di Freeport.

Jejaring dan Referensi

Saat saya hadirkan cerita tentang Labuan Bajo, ada teman yang menghubungi saya dan menceritakan kekecewaannya karena saat mereka ikut tour disana, kapal dan program tidak sesuai yang diharapkan. Karena itu saya berbagi cerita tentang bagaimana saya merencanakan program ke Labuan Bajo sesuai apa yang kami inginkan. Setelah mencari melalui beberapa Agen Perjalanan, kamipun mendapatkan referensi dari teman yang baru kembali dari Labuan Bajo. Dan dia memberikan kami nama pa Oyan Kristian di NTT_DMC dengan no kontak +6281392353568. Kami mencapai kesepakatan setelah beberapa kali diskusi tentang apa yang kami maui. Dan ternyata tidak salah, kami puas dengan pengalaman liburan di Labuan Bajo.

 

Tak Ada Yang Kebetulan

Penyelenggara tour sudah menyediakan semua fasilitas yang kita butuhkan, termasuk phinisi dan semua kelengkapannya. Tinggal bagaimana kita merancang kebersamaan selama tiga hari dua malam.

Saat layar phinisi sudah berkembang, kami diingatkan akan lanjutan perjalanan hidup ke depan. Masih ada berbagai tantangan kehidupan yang harus kita hadapi dengan berani.

Kitapun sepenuhnya menyadari bahwa dalam perjalanan hidup ini, alam semesta menghadirkan orang-orang dengan makna tertentu. Entah demi membangun persahabatan baru, atau untuk misi tertentu di masa depan yang akan kita pahami pada waktunya, atau juga untuk belajar dari mereka. Nampak seakan kita berbagi cerita kehidupan, tetapi sesungguhnya kita saling belajar dari kehidupan masing-masing.

Apa sesungguhnya MAKNA dari perjalanan dan berbagai momen yang kami alami di Labuan Bajo? Simak tulisan berikutnya.

“We don’t accomplish anything in this world alone… and whatever happens is the result of the whole tapestry of one’s life and all the weavings of individual threads form one to another that creates something.” (Sandra Day O’Connor)

 

Rangkaian kisah Wisata Labuan Bajo:

  1. Labuan Bajo Ratusan Pulau: https://www.josefbataona.com/life-wisdom/labuan-bajo-ratusan-pulau/
  2. Gembira Menyaksikan Senyum Mereka, https://www.josefbataona.com/life-wisdom/gembira-menyaksikan-senyum-mereka/
  3. Phinisi Terus Berjaya, https://www.josefbataona.com/life-wisdom/phinisi-terus-berjaya/
  4. Sensasi Pulau Padar, https://www.josefbataona.com/life-wisdom/sensasi-pulau-padar/
  5. Komodo Terus Memukau, https://www.josefbataona.com/life-wisdom/komodo-terus-memukau/
  6. Jejaring Dan Bangun Kebersamaan, https://www.josefbataona.com/life-wisdom/jejaring-dan-bangun-kebersamaan/
  7. Menemukan MAKNA di Labuan Bajo

 

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 coach Helda. Ikuti semua ceritanya secara utuh, total ada 7 artikel. Semoga ini bisa...

josef:
Terima kasih coach Helda, mereka juga menginginkan kesetaraan, dan berjuang untuk meraihnya. Bersama tim, kami...

Helda Tan:
Mantap Pak Josef… Suka dan kagum dengan semangat Blessed to Blessed nya Pak Josef…

Helda Tan:
Thanks sdh membagikan sepenggal cerita petualangan di Labuan Bajo Pak…Sebenarnya tahun ini kami mau...

josef:
Terima kasih Imel, setuju Sangat Indah mengundang decak kagum. Ikuti rangkaian tulisan di blog ini tentang...


Recent Post

  • Memberdayakan Artinya Mengakui dan Mengapresiasi
  • Menemukan MAKNA di Labuan Bajo
  • Jejaring Dan Bangun Kebersamaan
  • Komodo Terus Memukau
  • Sensasi Pulau Padar
  • Phinisi Terus Berjaya
  • Gembira Menyaksikan Senyum Mereka
  • Labuan Bajo Ratusan Pulau
  • Siapa Yang Anda Apresiasi Hari Ini?
  • Berapa Nilai Sejam Waktumu?