Menemukan MAKNA di Labuan Bajo

Posted on September 23rd, 2022

“We should give meaning to life, not wait for life gives us meaning.” (Stacy)

DALAM KEHENINGAN banyak hal yang bisa ditemukan tentang kehidupan ini. Alam semesta terus menghadirkan banyak hal yang perlu kita ketahui atau perbuat setiap saat, asalkan saja kita jeli untuk memahaminya. Dunia memang semakin kompleks. Aktivitas setiap hari berjalan semakin cepat yang membuat banyak hal disekitar kita luput dari perhatian.

Bahagia itu Sederhana

Hadir utuh saat ini, fokus pada apa yang ada di sekitar kita, lihat betapa indahnya, rasakan sejuknya angin yang berhembus saat ini. Inilah momen yang belum tentu hadir lagi besok. Hanya nikmati sambil bersyukur.

Membuat Definisi Sendiri

Kita sering terjebak dengan pandangan umum dibalik ungkapan tertentu, seperti contoh Blue Monday, seakan semua hari senin itu hari galau, kurang semangat, suram. Dalam perjalanan di Labuan Bajo, kami menemukan momen untuk mendefinisikan Blue Monday, sebagai hari dengan langit biru cerah, laut lepas yang berwarna biru bersih, dan tentu saja hati yang sejuk dan tenang. Biru laut dan biru langit menggambarkan unlimited opportunities, kesempatan tak terbatas.

Dialog Dialog dan Dialog

Banyak kesempatan untuk melakukan dialog. Banyak hal yang bisa dibagi melalui dialog. Banyak pelajaran yang didapatkan melalui dialog sambil belajar cara generasi muda menggunakan sosmed. Banyak selisih paham yang bisa diluruskan dengan dialog. Dan kesempatan itu muncul setiap hari, entah kita mau menggunakan atau tidak, bahkan banyak kesempatan dialog dengan orang yang paling dekat dengan kita.

Kitapun bisa berhenti sejenak dalam perjalanan hidup ini, dan sambil menatap perjalananan ke depan kita diskusikan: masihkah kita punya energi untuk meneruskan perjalanan ini? Apa yang perlu dilakukan agar perjalanan ini berlanjut penuh semangat dan menggembirakan? Apa makna yang didapat bila kita meraih puncak bukit itu? Kami berhenti sejenak, sebelum melangkah naik di pulau padar. Kami juga sering berhenti sejenak mengambil ancang-ancang, sebelum melangkah menuju kehidupan yang lebih baik.

 

Saling Meneguhkan Selalu Ada Harapan

Dialog tidak selalu dengan kata-kata. Dalam keheningan, bersama memandang matahari terbit di lokasi yang menggugah imajinasi, sambil bergenggaman tangan kami saling meneguhkan untuk melanjutkan perjalanan hidup ini. Kami akan saling mengisi, saling mengimbangi, saling membantu. Dalam keheningan kami masuk ke dalam diri masing-masing sambil bertanya, apa yang saya butuhkan dari pasanganku?  Jawabannya sederhana: saya membutuhkan telinga untuk mendengarkan apa yang saya ucapkan, kata-kata manis yang menghargai kehadiranku, ketajaman mata untuk menerima kekuranganku, menerima diriku apa adanya. Sayapun berkesimpulan, bahwa itu juga yang dibutuhkan pasanganku. Dan itu juga yang dibutuhkan oleh orang lain dalam komunitas berbeda di manapun kita berada.

Kami percaya bahwa terbitnya matahari pagi itu seakan memberikan harapan baru, kesempatan baru, warna baru dan inspirasi baru.

Bersyukur  dan Saling Mengapresiasi

Banyak sekali peristiwa dalam kehidupan ini yang patut kita apresiasi. Perjalanan ke Labuan Bajo, sesungguhnya juga adalah perjalanan refleksi untuk mensyukuri semua berkat yang kita peroleh dalam perjalanan hidup ini. Foto saat memasuki Master Cabin Phinisi, kami saling meneguhkan bahwa rencana dan apa yang diperoleh sesuai harapan

Perjalanan liburan ke Labuan Bajo ini juga untuk saling mengapresiasi akan kontribusi masing-masing dalam membuat perjalanan hidup ini lebih bermakna, lebih meneguhkan bahwa semua sukacita dan kegembiraan yang dialami sepanjang perjalanan hidup dan perjalanan karya, adalah kontribusi kita semua di komunitas manapun.

Karena itu, marilah kita ciptakan lingkungan hidup dan lingkungan kerja kita lebih bermakna dan penuh sukacita.

Kesempatan di tulisan ke tujuh dan terakhir ini, saya ucapkan terima kasih kepada istriku yang secara bersama-sama menikmati perjalanan ini. Terima kasih kepada pa Oyan dan Risal Diansah, NTT_DMC yang merancang perjalanan ini. Terima kasih kepada pa Yose Leander yang merekomendasi. Terima kasih kepada pa Elvian sekeluarga serta ketiga divers untuk kebersamaan selama tiga hari dua malam dan tentu terima kasih kepada pa Norman Wilson dengan Pinta Phinisinya serta seluruh awak kapal. Sebuah perjalanan yang menyenangkan, semoga bisa membantu menggairahkan wisata di Labuan Bajo dan wisata nusantara lainnya.

“Challenges are what make life interesting and overcoming them is what makes life meaningful.” (Joshua J. Marine)

Rangkaian Kisah Wisata Labuan Bajo:

  1. Labuan Bajo Ratusan Pulau: https://www.josefbataona.com/life-wisdom/labuan-bajo-ratusan-pulau/
  2. Gembira Menyaksikan Senyum Mereka, https://www.josefbataona.com/life-wisdom/gembira-menyaksikan-senyum-mereka/
  3. Phinisi Terus Berjaya, https://www.josefbataona.com/life-wisdom/phinisi-terus-berjaya/
  4. Sensasi Pulau Padar, https://www.josefbataona.com/life-wisdom/sensasi-pulau-padar/
  5. Komodo Terus Memukau, https://www.josefbataona.com/life-wisdom/komodo-terus-memukau/
  6. Jejaring Dan Bangun Kebersamaan, https://www.josefbataona.com/life-wisdom/jejaring-dan-bangun-kebersamaan/
  7. Menemukan MAKNA di Labuan Bajo, https://www.josefbataona.com/life-wisdom/menemukan-makna-di-labuan-bajo/

Bookmark and Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Connect with Facebook

Kisah Rp 10.000,00 yang Mengubah Hidupku

Recent Comments

josef:
Terima kasih sama2 coach Helda. Ikuti semua ceritanya secara utuh, total ada 7 artikel. Semoga ini bisa...

josef:
Terima kasih coach Helda, mereka juga menginginkan kesetaraan, dan berjuang untuk meraihnya. Bersama tim, kami...

Helda Tan:
Mantap Pak Josef… Suka dan kagum dengan semangat Blessed to Blessed nya Pak Josef…

Helda Tan:
Thanks sdh membagikan sepenggal cerita petualangan di Labuan Bajo Pak…Sebenarnya tahun ini kami mau...

josef:
Terima kasih Imel, setuju Sangat Indah mengundang decak kagum. Ikuti rangkaian tulisan di blog ini tentang...


Recent Post

  • Memberdayakan Artinya Mengakui dan Mengapresiasi
  • Menemukan MAKNA di Labuan Bajo
  • Jejaring Dan Bangun Kebersamaan
  • Komodo Terus Memukau
  • Sensasi Pulau Padar
  • Phinisi Terus Berjaya
  • Gembira Menyaksikan Senyum Mereka
  • Labuan Bajo Ratusan Pulau
  • Siapa Yang Anda Apresiasi Hari Ini?
  • Berapa Nilai Sejam Waktumu?